Ratusan Warga Turun Kejalan, Menuntut Penghentikan Penambangan Galian C

/ 10 Mei 2019 / 5/10/2019 10:02:00 PM

 Reporter : Nyaman

Ratusan warga Desa Tunggulsari,  Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar aksi Turun Kejalan  menolak  Keras penambangan liar di desanya, Kamis (9/5/19)

Kendal Policewatch.news -  Ratusan warga Desa Tunggulsari,  Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar aksi Turun Kejalan  menolak  Keras penambangan liar di desanya, Kamis (9/5/19).

Masa Aksi yang berasal dari beberapa dusun, membawa spanduk dan poster yang berisi menuntut agar penambangan liar di desanya ditutup. Mereka menganggap penambangan galian C merusak lingkungan alam dan menyebabkan sedimentasi Sungai Aji yang ada di desa mereka sehingag jika hujan deras, maka air meluap dan menggenangi rumah warga tersebut.dalam orasinya warga meminta agar pemerintah memikirkan dampaknya.

Korlab Sumardi mengatakan, selain merusak lingkungan juga membuat folosi yang membuat anak-anak  kurang sehat, penambangan atau galian C di desanya juga mengganggu anak-anak sekolah karena lokasi galian C berdekatan dengan gedung sekolah.


“Debu yang di timbulkan oleh truk pembawa tanah galian C juga mengganggu kami,” kata Sumardi.
Sementara itu, Kepala Desa Tunggulsari, Nur Kholis, mengaku kalau lokasi penambangan sudah ditutup dua hari lalu. Lokasi penambangan tanah itu, awalnya untuk pengembangan pemukiman dan baru membuka akses jalan.

“Kami sementara menutup penambangan tersebut, sambil menunggu keputusan dari kecamatan dan kabupaten,” ujar dia


Komentar Anda

Berita Terkini