POLRES LAMPUNG SELATAN TANAMI POHON DAN TERUMBU KARANG DISEKITAR PULAU MENGKUDU.

/ 11 Januari 2020 / 1/11/2020 07:35:00 PM
Penanaman Pohon oleh Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo S.H,S,ik,M.M


Lampung Selatan Police Watch , - Kepolisian Resor (Polres)Sepertinya terus menunjukkan kepeduliannya terhadap penghijauan.

Terbukti, bersama Bhayangkari setempat, kode bhayangkara itu melakukan kegiatan penanaman beberapa jenis tanaman pantai di sekitar Pulau Mengkudu, Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni, Kamis (9/1/2020) sekitar pukul 09.00 Wib pagi tadi.

Kegiatan ini dilakukan, untuk meminimalisir dampak dari pada bencana alam. Sebab, Pulau Mengkudu adalah salah satu tempat destinasi wisata bahari yang terdampak tsunami.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo S.H,S,ik,M.M mengungkapkan,  keluarga besar Polres Lamsel beserta Bhayangkari, Bhabinsa, Kecamatan Bakauheni, kelompok peduli wisata dan dihadiri artis putra Lampung Andika Kangen Band, melakukan kegiatan penghijauan dengan menanami beberapa jenis pohon dan terumbu karang.

"Untuk pohon yang kami tanam diantaranya, pohon mangrove, cemara laut, ketapang, mutun, cemara udang dan beberapa pohon lainnya,"Ungkap Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, kepada wartawan.

Untuk kedepan, lanjut Kapolres AKBP Edi Purnomo, diharapkan penanaman mangrove dan beberapa jenis tanaman lainnya serta terumbu karang ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai Lamsel. Untuk itu, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat  untuk bersama-sama menjaga ekosistem laut.

"Memperbanyak tanam mangrove dan beberapa jenis tanaman lainnya serta terumbu karang sama halnya dengan meminimalisir dampak bencana alam, Mangrove merupakan benteng alami untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan pantai serta dapat meredam gelombang Tsunami,"Jelasnya.

Andika Mahesa juga menambahkan, menurutnya, pantai di Lampung terbilang  bagus. Bahkan sangat bagus.

"Ini kegiatan diadakan dengan Kapolres dan Wakapolres beserta jajarannya untuk melakukan penghijauan yakni dengan menanami mangrove dan benerapa jenis lainnya serta penanaman terumbu karang, untuk menjaga ekosistem pantai supaya tidak rusak," sambung Andika Mahesa.

Ia mengatakan, dirinya sangat senang telah diajak untuk melakukan kegiatan positif yang bersifat membangun ini. "Apalagi di daerah kelahiran saya sendiri di Lampung," imbuh pria yang kerap disapa Babang Tamvan itu.

Andika berharap, kegiatan penghijauan dan giat-giat positif lainnya tidak berhenti sampai disitu saja.

"Saya berharap untuk warga masyarakat khususnya Lampung Selatan untuk bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem pantai. Jangan membuang sampah sembarangan baik itu sampah pelastik maupun sampah lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pantai. Selain itu juga untuk pengunjung pantai Pulau Mengkudu harus berhati-hati ketika melakukan snorkling supaya terumbu karang yang baru saja ditanam tidak rusak. Indahnya pantai ini adalah bagaimana kita menjaganya,"Pungkasnya Andika seraya berpesan.

Pewarta : Syaiful
Komentar Anda

Berita Terkini