LIDIK KRIMSUS RI AKAN DEMO DI KEJAGUNG dan KPK, TERKAIT PENGGUNAAN DANA APBD DALAM PEMILIHAN WABUP MUARA ENIM

/ 6 April 2023 / 4/06/2023 05:00:00 PM

 

Ketua Harian DPN LIDIK KRIMSUS RI

Red,policewatch.news,- Ketua Harian DPN LIDIK KRIMSUS RI (Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Informasi Data Investigasi Korupsi dan Kriminal Khusus Republik Indonesi) M Rodhi Irfanto tanggapi Terkait pemanggilan Sekwan DPRD muara enim, Kepala PPKAD dan Kepala Bappeda Mat Kisrun, oleh Kejari Muara Enim terkait masalah pemilihan wakil bupati muara enim oleh anggota DPRD Muara Enim. 

Kami dari LIDIK KRIMSUS RI akan DEMO di Kejagung dan kami akan  mendesak kejagung RI dan juga akan  KPK untuk menindak lanjuti kasus terkait adanya dugaan menggunakan anggaran APBD di Sekwan DPRD Kabupaten  Muara enim,papar Rodhi  di Jakarta 6/4/23

Lebih lanjut Rodhi menjelaskan Soal Anggaran Pilwabup, Sekwan dan Plt BPKAD Muara Enim Diperiksa Penyidik kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim yang sudah melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Muara Enim Lido Septontoni dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Juli Jumatan Nuri, Pemeriksaan itu dilakukan lantaran adanya laporan dari salah satu ormas  mengenai anggaran Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Muara Enim yang dilakukan beberapa waktu lalu di DPRD Muara Enim, Kasi Intel Kejari Muara Enim Muhammad Ridho Syaputra membenarkan terkait pemeriksaan terhadap dua pejabat tersebut.

“Benar. Ada dua ASN diperiksa Sekwan dan kepala BPKAD. Sedangkan kepala BAPPEDA tidak bisa hadir karena berhalangan,” ujar Kata Ridho ketika dikonfirmasi wartawan saat itu di ruang kerjanya, Senin (19/9/22)

Ridho menjelaskan, pemeriksaan tersebut berlangsung selama tiga jam terhadap Sekwan dan Plt Kepala BPKAD Muara Enim. Saat ini, penyidik masih melakukan pendalaman atas laporan dari salah satu ormas tersebut.

“Pemeriksaannya Kamis (15/9)22) waktu itu . Kurang lebih tiga jam pulbaket (pengumpulan bahan keterangan). Masih didalami, jika dibutuhkan kembali akan dipanggil ulang. Untuk sementara masih didalami dulu karena menyangkut hasil pemeriksaan dan hasilnya belum ada,” ujarnya. 

Terpisah, Sekretaris DPRD Kabupaten Muara Enim Lido Septontoni, ketika dikonfirmasi awak media terkait pemanggilan dan pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Negeri Muara Enim menyoal anggaran Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup), enggan berkomentar.

“Idak jugo, idak ah, idak,” ucapnya.

Dari keterangan di atas Rodhi Irfanto SH menyimpulkan adanya kejanggalan terkait kasus tersebut,hingga LIDIK KRIMSUS RI mengirim Tim investigasi khusus guna mengumpulkan bukti2 dan keterangan-Keterangan saksi untuk tambahan bukti petunjuk,dan Rodhi menyimpulkan untuk membuat Laporan Baik ke Tipikor Bareskrim Polri, Kejagung maupun KPK, Bahkan Akan Lakukan Aksi Demo Karena Hal tersebut dianggap sebagai pelanggaran fundamental terhadap hak-hak warga negara khususnya masyarakat Muara Enim, sebagaimana dijamin dalam UUD 1945.apalagi kasus ini bukan PILKADA melainkan untuk kepentingan Pribadi masing masing Artinya mengarah pada Tindakan  KKN  jelas Rodhi 


Komentar Anda

Berita Terkini