Bentuk puji syukur, warga desa argamukti rayakan pesta panen

/ 5 September 2019 / 9/05/2019 09:36:00 AM

Acara rutin tahunan yaitu pareresan desa (pesta panen) di halaman balai desa argamukti

Majalengka,POLICEWATCH,- Desa Argamukti merupakan desa terakhir dari desa yang berada di kecamatan Argapura,  desa dengan akses menuju pendakian Gunung Ciremai dan Curug Maja desa ini terletak 700 meter sebelah barat daya dari  cipasir,dari utara desa argalingga 1.5 km ,gunung pucuk 1.5 km daritenggara,gunung argapura 2 km dr arah selatan  , dan 2 km dari arah barat  ke babakan kaler.

Desa ini sangat subur penduduk nya hampir sebagian besar petani. selain padi , sayur mayur dan palawija banyak ditanam disini.

Pada rabu,(4/09/2019) desa argamukti kembali adakan acara rutin tahunan yaitu pareresan desa (pesta panen) di halaman balai desa argamukti, Perayaan tersebut sebagai bentuk puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa atas hasil panen para petani di desa argamukti pada tahun ini.

Kepala desa argamukti ade umbara menjelaskan penting nya menjaga kearifan lokal salah satu nya adalah pareresan desa yang sudah berlangsung turun temurun
" pareresan desa ini kami selenggarakan sebagai bentuk menjaga budaya kearifan lokal,mengingat masyarakat desa argamukti termasuk masyarakat yang relgius sehingga perlu adanya pareresan desa bentuk kesyukuran atas hasil panen tahun ini " jelas Ade umbara.

Acara pareresan desa berlangsung meriah, masyarakat argapura tumpah ruah merayakan bersama dengan berbagai atraksi hiburan dan kesenian dari masyarakat.

Jojo (48) warga desa argamukti salah seorang warga yang di temui policewatch.news menuturkan bahwa budaya pareresan desa ini sudah berlangsung sejak lama dan sudah turun temurun

" acara pareresan desa udah berlangsung lama pak, ini bentuk puji syukur masyarakat desa argamukti yang mayoritas petani. 

Meski tahun ini hasil panen menurun tapi kami tetap bersyukur  masih di berikan rezeki dengan hasil dari pertanian" ungkap Jojo

kegiatan pareresan desa pada tahun ini di samping di meriahkan dengan organ tunggal juga wayang golek yang di rencanakan akan tampil pada hari jumat.

Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran muspika baik dari kecamatan, koramil dan juga polsek ikut memeriahkan acara pareresan desa argamukti. **(RS)**
Komentar Anda

Berita Terkini