MANTAP! BANTUAN TRAKTOR TINGKATKAN LUAS TAMBAH TANAM PADI DI CULAMEGA

/ 23 November 2019 / 11/23/2019 12:27:00 PM
DOK:MPW

Tasikmalaya,POLICEWATCH,NEWS - Mamat (52), Ketua Kelompok Tani Suka Asih Desa Cikuya, dan iwan irawan kelompok tani sumber tani muda cibenter  Desa cipicung  Kecamatan Culamega, Kabupaten TasikmalayaJawa Barat tidak dapat mengendalikan rasa bahagianya. Pasalnya pada musim tanam tahun ini, petani di wilayah ini mulai dapat menggunakan alat pertanian atau alsintan berupa traktor  bantuan dari Kementerian Pertanian. 

"Syukur alhamdulillah, kami sangat bahagia dan benar-benar terharu. Janji Pak Asep BPP Culamega untuk memberikan alsintan pada kelompok kami benar-benar direalisasikan. Bantuan ini menggiatkan anak-anak muda untuk bertani," ungkap Mamat dan iwan, Jum,at( 22/11/2019). 

Mamat juga menambah rasa terimakasihnya kepada Pemerintah yang lebih penting dengan nasib petani. "Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah memperhatikan kelompok tani sehingga semakin berdaya dan semakin sejahtera," tambahnya. Bantuan tersebut, lanjut mamat, diprediksi dapat meningkatkan luas tanam padi dari musim sebelumnya dari potensi lahan sawah di Desa Cikuya dan Cupicung Culamega.

Senada, iwan irawan (43), salah satu ketua kelompok tani sumber tani muda cibenter desa cipicung juga menggunkapkan kegembiraanya. "Traktor ini sangat membantu kami untuk mempecepat pengolahan tanah untuk persiapan musim tanam dibandingkan dengan memakai alat pengolah sawah saat ini," terang dia. 

Bantuan traktor tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian  yang merupakan penanggung jawab program Upaya Khusus (Upsus) Peningkatan produksi Padi, Jagung dan Kedelai Kabupaten Tasikmalaya  jawa Batat. 


"Bantuan traktor ini, untuk memberikan semangat para petani yang diharapkan membantu menambah produktivitas di sektor pertanian. Karena seperti yang diyakini, Tasik Selatan merupakan salah satu kabupaten yang menjadi andalan produksi padi di Provinsi Jawa Barat" ujar Mamat dihadapan para petani desa.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Tasikmalaya, pak Deni mengatakan, bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian yang disalurkan pada kelompok tani di Tasikmalaya pada tahun 2019 sudah cukup banyak. Bantuan tersebut terdiri atas traktor,pemanen. “Selain itu mesin pompa air kepada kelompok tani mitra harapan cilumbu desa mekarlaksana Culamega,” imbuhnya. (Yd Dwi Angoro Biro Tasikmalaya).

Komentar Anda

Berita Terkini