Antisipasi terjadi Banjir, TNI-Polri bersama Masyarakat Laksanakan Kerja Bakti Pembersian Sampah di Sungai Pekik

/ 2 Januari 2020 / 1/02/2020 09:29:00 PM



CIREBON Policewatch,- Kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak negatif yang disebabkan oleh sampah, semakin hari semakin menumpuk, ditambah lagi sekarang memasuki musim penghujan.

Hal itu dapat terlihat dan sering kita jumpai banyaknya tanaman eceng gondok tumbuh kembang dan sampah rumah tangga yang tidak pada tempatnya, seperti halnya eceng gondok dan sampah yang menumpuk dibawah jembatan sungai Pekik di Blok Maja Desa Jatimerta, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Melihat Kondisi itu Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy, SH., S.Ik., M.Pict., M.Iss., langsung responsip melalui pesan singkat What App (WA) memerintahkan agar para Kapolsek mengarahkan seluruh personel Bhabinkamtibmas untuk memonitor seluruh Wilayah yang berpotensi banjir atau bencana alam, khususnya di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Dalam kegiatan Kerja bakti tersebut turut melibatkan Unsur TNI dari Koramil 2001/Cirut Kodim 0620/Kab Cirebon, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Gunung Jati Resor Cirebon Kota, Kuwu Dan Perangkat Desa Jatimerta, BBWS, beserta warga setempat, sejak pukul 08.00 wib. S/d pukul 12.00 Wib. Kamis (2/01/2020).

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy, SH, S.Ik., M.Pict., M.Iss., melalui Kapolsek Gunung Jati AKP Maman Suherman, SH., menyampaikan bahwa kegiatan bahkti sosial kerja bakti ini diikuti anggota Babinkamtibmas sebanyak 15 Personel, dan unsur TNI sebanyak 25 Personel beserta Masyarakat sekitar sebanyak 25 orang termasuk Pemdes Jatimerta, guna membersihkan tanaman eceng gondok dan  tumpukan sampah di  sepanjang aliran sungai Pekik itu. Hasilnya sejauh 25 meter kurang lebihnya, namun demikian kegiatan ini akan tetap kita lakukan kembali untuk mencegah terjadinya banjir di musim penghujan ini"ujarnya Kapolsek Gunung Jati AKP Maman Suherman, SH., dilokasi sekitar.

Masih ditempat yang sama Kepala Desa atau Kuwu Jatimerta Sunaryo (Kuwu Depinitif) disela kegiatan mengatakan bahwa disungai Pekik ini banyak tumbuh kembang  eceng gondok dan sampah rumah tangga ditambah lagi sampah kiriman serta terdapat bongkahan tanah yang melebar ditengah sungai yang sulit untuk kita angkat, sehingga aliran sungai menjadi tersumbat dan mampet,  karena menyangkut dibongkahan tanah tersebut", ungkapnya Sunaryo.

Sunaryo menambahkan, tentunya dalam hal ini kami selaku pemdes jatimerta mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek dan Danramil, juga Bhabinkamtibmas Aiptu Sunaryo dan Babinsa Serma Sudiro anggotaTNI dari Koramil 2001/Cirut, serta tak lupa pihak BBWS (balai besar wilayah sungai cimanuk cisanggarung) Bapak Nanang yang turut hadir membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Selain itu, Pihaknya berharap kedepan agar kiranya mohon diperhatikan dari instansi terkait untuk bisa membantu penggunaan alat berat guna mengangkat sebongkah tanah yang berada di tengah sungai tersebut"Harapnya Kades Jatimerta Sunaryo.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, SH., S.Ik., M.Pict., M.Iss., melalui Paur Kasubbag Humas IPTU Ngatidja, SH., MH., menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Polsek gunung jati, yaitu bhabinkamtibmas Aiptu Sunaryo, yang mana dalam hal ini langsung tanggap berbuat untuk masyarakat, karena hal ini merupakan aksi nyata dari sebuah perbuatan baik ke tanggapanya serta kesiap siagaan dan ini merupakan bentuk kepedulian Polri, khususnya Polres Cirebon Kota dalam menghadapi situasi saat musim hujan ini, karena rawan terjadi banjir.

"tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang mana bisa ikut partisipasi dan bersinergi untuk bersama dalam menanggulangi terjadinya bencana banjir yang suatu saat bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja", Pungkasnya IPTU Ngatidja, SH., MH.



Laporan: Tim Jabar
Komentar Anda

Berita Terkini