program infrastruktur berbasis masyarakat (IBM) jadi andalan Pemdes maja utara

/ 16 September 2020 / 9/16/2020 10:47:00 PM

                                                                 

Balai desa pemdes maja utara

       

majalengka, policewatch.news

Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang diinisiasi oleh Kepala Desa Maja Utara Kecamatan Maja, Didi Johari yang akrab dipanggil Kang Didi bertujuan untuk mendorong terciptanya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sanitasi berbasis masyarakat dan tempat pengelolaan sampah, menurut Kades Didi, turut memberikan manfaat lain, yakni mendorong terciptanya sektor-sektor produktif yang memberikan nilai ekonomis.

Sejak saya dilantik menjadi Kepala Desa Maja Utara perbulan Desember 2020 sampai sekarang sudah tidak ada lagi masalah sampah dan ke depan ingin memiliki sebanyak 4 unit mesin untuk mencacah sampah non organic menjadi barang berharga, papar Didi.

Bahkan, masih tutur Didi, sampah anorganik dapat diolah menjadi kerajinan tangan dengan sentuhan kreativitas seperti menjadikan tali plastik dan alat rumah tangga. Awal bulan Januari sampai April 2020 untuk operasional pemungut sampah Desa Maja Utara mengeluarkan dana sampai Rp 18 juta per bulan termasuk upah pekerja.

Mulai bulan Mei sampai sekarang baru diminta ke masyarakat se iklasnya , antara kisaran Rp 2000 sampai Rp 20.000,- dan sisa kekurangannya ditanggulangi Bumdes karena desa sudah memberikan penguatan modal samapai Rp 90 juta’ an dan kedepan Kami berharap Bumdes akan mempunyai keuntungan sampai 1 miliar per bulan, terang Kades Didi.

Selain menciptakan suatu bisnis kegiatan pengelolaan sampah di Desa Maja Utara juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Bisa dibayangkan andai tidak ada inisiatif untuk menciptakan program pengelolaan sampah desa ini bisa menjadi lebih kumuh, sehingga pembuangan limbah susah diatur, banyak tumpukan-tumpukan sampah yang dapat mengundang berbagai penyakit. Di sini lah keresahan- keresahan masyarakat timbul karena lingkungan menjadi bau dan tidak enak dipandang, tandasnya


pewarta 

(RS)

Komentar Anda

Berita Terkini