Bupati Lahat Cik Ujang Siap Bangun Rumah Bagi Korban Kebakaran Pasar Bawah Tipe 36

/ 17 Desember 2020 / 12/17/2020 07:23:00 PM

LAHAT - POLICEWATCH.NEWS -  Bupati Lahat Cik Ujang,SH kembali bersilaturahmi dan menyamakan presepsi tentang pembangunan kembali atau rekontruksi rumah korban kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat, Kamis (17/12).

Dalam kesempatan ini, Pemda Lahat akan memberikan bantuan berupa uang kepada keluarga atau korban sebanyak 40 juta rupiah, dimana bantuan tersebut akan diberikan berupa tabungan selanjutnya akan ditransfer ketoko sehingga masyarakat menerima bahan bangunan untuk membangun kembali rumah mereka korban kebakaran.

Cik Ujang berharap, pada pelaksanaan nya nanti, jangan sampai patok yang telah dipasang untuk jalan, jangan digeser atau dipindahkan.

" mendengar pernyataan dari pemerintah bahwa pembangunan akan dilakukan oleh warga sendiri, menuai  kritik dan saran warga.

Disini terjadi perbedaan pendapat antara pemerintah dan warga, dimana Pemerintah memberikan bantuan untuk pembangunan rumah, sedangkan warga meminta kepada pemerintah agar membangun atau merekonstruksi kembali rumah mereka dan nantinya mereka terima kunci, bukan membangun sendiri.

Mendapat kritik dan saran tersebut, Cik Ujang memberikan pernyataan bahwa pemerintah akan siap membangun rumah mereka yang hangus terbakar, dengan catatan rumah dibangun tipe 36, dan apabila ada tanah yang tergeser untuk pelebaran jalan sang pemilik tidak marah.
“Jika itu permintaan kalian, maka kami siap, namun jangan ada upat setelah pembangunan selesai, seperti ada tanah terpakai untuk jalan dan sebagainya, sutuju tidak.?” tanya Cik Ujang.

“Setuju,” jawab warga serentak diiringi tepuk tangan.

Sementara itu, Sulhayat, salah satu warga yang menjadi korban kebakaran menyampaikan bahwa ia tidak perduli berapa dana yang akan diberikan namun yang penting adalah bagaimana bisa tinggal dan tidur nyenyak.

“Kami serahkan kepada pemerintah, kami terima kunci saja, mau tipe 36 atau berapa yang penting ada tempat istirahat dan tidur bagi kami,” sampainya.

Hadir dikegiatan ini, Anggota DPRD Kabupaten Lahat Dapil Kota Lahat, Kepala BPBD, Kepala Dinas PU Bina Marga, Kepala Dinas PRKPP, Inspektorat, Camat Kota Lahat, Lurah Pasar Bawah dan warga yang menjadi korban kebakaran.

Pewarta : Bambang.MD
Komentar Anda

Berita Terkini