Partisipasi Pemilih Dalam Pilgub Sumbar Rendah di Sawahlunto, Namun Pelaksanaannya Berjalan Lancar Sesuai Prokes.

/ 10 Desember 2020 / 12/10/2020 01:15:00 AM

 



Sum bar, POLICEWATCH,- Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH bersama dengan unsur Forkopimda pada Rabu (9/12) meninjau langsung pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar (Pilgub dan Pilwagub), pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Sawahlunto.

Rombongan Walikota bersama Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Eka Wahyu SE, Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur SH, Kajari Abdul Basyir, Dandim 0310/SSD, Ketua Pengadilan, Sekdako Sawahlunto DR dr Ambun Kadri MKM serta Pokdar Kamtibmas Sawahlunto berserta anggotanya guna melihat dan meninjau langsung pelaksanaan Pilgub di Kota Sawahlunto.

Dalam kunjungan rombongan Wako Sawhlunto ini, rombongan mengunjungi kebeberapa TPS yang tersebar di empat Kecamatan yang ada. Mulai dari Kec Silungkang, Lembah Segar, Barangin dan Kec Talawi dengan meninjaunya pada dua tempat TPS dimasing-masing Kecamatan dari 148 TPS yang ada di Kota Sawahlunto.


Walikota Deri Asta menyatakan bahwa, kunjungannya ke TPS-TPS ini guna melihat langsung pelaksanaan Pilgub yang dilakukan secara serentak, khususnya di Kota Sawahlunto. Lebih lanjut dikatakan, "peninjauan ini dilakukan guna untuk mengetahui berapa besar animo masyarakat dalam mengikuti Pilgub Sumbar di Kota Sawahlunto," urai Deri Asta disela sela kunjungannya.

Sementara itu, menurut pantauan yang ada, antusias warga terhadap pilgub Sumbar relatif cukup rendah diKota Sawahlunto. Hal ini terlihat dari sepinya beberapa TPS, "seperti di TPS IV Desa Silungkang Tigo, dari 317 yang mempunyai hak pilih hingga tutupnya TPS, pemilih yang hadir hanya 150 pemilih," ujar Mesra salah seorang saksi kandidat pilgub membeberkan.

Mestinya pihak KPPS benar benar mau "jemput bola", agar tingkat kehadiran pemilih dapat tercapai. Belum lagi seperti contoh kejadian yang terjadi di TPS III Talawi Hilir, pada saat pkl 12.00 wib hingga pkl 13. 00 wib adalah waktunya bagi warga yang mempunyai hak pilih tetapi tidak bisa hadir ke TPS (jompo, sakit) untuk didatangi oleh pihak KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Namun karena beberapa saksi enggan dan tidak mau melakukannya, pihak Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) urung mendatangi warga tersebut," urai salah seorang warga Talawi Hilir yang enggan disebutkan namanya.


Namun secara umum, pelaksanaan Pilkada Gubernur Sumbar di Kota Sawahlunto berjalan dengan aman dan lancar. "Hampir disemua TPS berjalan dengan baik dan hampir tidak ada permasalahan serta semuanya mengikuti dan telah sesuai dengan Prokes (protokol kesehatan)," pungkas Deri Asta mengakhiri. 
Pewarta jon
Komentar Anda

Berita Terkini