Peduli dan Prihatin Dengan Lingkungan, Pemuda Desa Sukamaju Dirikan Bank Sampah

/ 12 Desember 2020 / 12/12/2020 01:31:00 PM

Muba-POLICEWATCH NEWS- Tim BERAKSI (Berani Aksi Selamatkan Lingkungan) yang tergabung dalam Wadah Bank Sampah Berkah Karya lakukan penjemputan sampah tabungan para Nasabah individu dan perusahaan. Sabtu, 12/12/2020).

Bermula dari keperihatinan dan kepedulian Pemuda Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, dengan kondisi lingkungan banyaknya sampah rumah tangga dan perusahaan organik non organik yang tidak dikelola timbul pemikiran dan diinsiasi oleh Kapala Desa Sukamaju untuk membentuk Bank Sampah.

Kepala Desa Sukamaju Ayatullah Komayni, A.Md sekaligus Dewan Pembina Bank Sampah Berkah Karya usai membuka rekening mendaftar sebagai nasabah pertama menuturkan" Pemdes Sukamaju akan menjadi pelopor dan brand ambassador dalam mempromosikan Bank Sampah Berkah Karya.

"Pemdes Sukamaju dalam hal ini akan menjadi Brand ambassador untuk mempromosikan BS-BK. Seluruh Perangkat Desa Wajib Nabung di BS-BK. Sebelum mengajak masyarakat Pemerintah Desa harus menjadi contoh lebih dahulu" jelas Kades Ayatullah.
Ia menambahkan menurutnya selain menambah pundi-pundi rupiah dari sampah, menabung di BS-BK juga dapat menyelamatkan lingkungan dari pencemaran.

"Selain punya tabungan uang, dari sini kita turut menyelamatkan lingkungan dan manfaat lain dapat membantu sesama masyarakat pra sejahtera dan UMKM melalui tambahan modal dari tabungan sedekah sampah. Sebagai pilot projects pelaku usaha dan perusahaan menjadi nasabah berikutnya seluruh masyarakat wajib menjadi Nasabah, jelasnya.

Muhammad Sudibyo Direktur Bank Sampah Berkah Karya menjelaskan dalam menjadi Nasabah masyarakat diperkenankan memilih jenis-jenis tabungan sesuai kebutuhan para nasabah, kemudian sampah akan dijemput oleh tim.

"Nasabah boleh memilih jenis tabungan sesuai kebutuhan. Ada tabungan Umroh, Tabungan Pendidikan, Tabungan Lingkungan, Tabungan Token Listrik, Tabungan Sembako, Tabungan Sedekah Sampah dan Tabungan Umum" Jelas Direktur.

Sampah yang dikumpulkan Nasabah akan dijemput oleh tim penjemputan dirumah masing-masing. Waktunya satu Minggu sekali dan jika dibutuhkan seminggu dua kali .
"Mari bergabung menjadi Nasabah Bank Sampah Berkah Karya cukup Dirumah aja sampah kami jemput. Jenis tabungan lumayan banyak dipilih berdasarkan kebutuhan nasabah. Manfaat lain Selain Menabung nasabah sudah Sedekah membantu Yatim & Dhuafa yang disalurkan melalui Rumah Sosial dan Zakat Assyifa" ajaknya.

Darmansyah Nasabah BS-BK Warga RT. 02 Dusun 2 Desa Sukamaju menuturkan cukup senang Dengan hadirnya Bank Sampah di Desa Sukamaju karena berdampak positif kepada masyarakat dan nasabah.

"Alhamdulillah kami bersyukur hadirnya Bank Sampah memberikan manfaat, yang tadi sampah tidak ada nilai kini makin bernilai, kemudian dapat membantu masyarakat dengan program-program yang dimiliki. Sukses, maju dan berkah BS-BK" Ungkap Darmansyah usai menabung di Kantor Bank Sampah Berkah Karya. 

Antusias masyarakat untuk menabung di BS-BK cukup banyak, tercacat belum genap satu bulan berdiri, hampir lima puluh  nasabah telah mendaftar termasuk Perusahaan dan instansi. 
Pasalnya Bank Sampah Berkah Karya satu-satunya di Kecamatan Babat Supat yang dikelola mandiri oleh pemuda dibawah naungan Pemerintah Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat yang diproyeksikan dapat mengurangi dampak sampah rumah tangga non organik, memberikan manfaat ekonomi bagi nasabahnya dan mengedukasi masyarakat melalui program Sedekah Sampah.
(adv mitra desa)
Komentar Anda

Berita Terkini