Warga Empat Desa Yang Tergabung Dalam DAS Wrati Pasuruan, Menolak Keras Pipanisasi Lima Perusahaan

/ 8 Desember 2020 / 12/08/2020 10:04:00 PM

POLICEWATCH. NEWS. PASURUAN - Warga 4 Desa yang tergabung dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Wrati Sinergi, tolak Pemasangan pipanisasi 5 perusahaan sebab warga menilai adanya Pipanisasi sungai mereka berbau busuk karena 5 limbah perusahaan yang ada di Desa Wonokoyo, Kec. Beji Kabupaten Pasuruan. langsung membuang limbahnya ke aliran sungai Wrati melalui pipa-pipa yang menjulur, itu dianggap sangat merugikan bagi masyarakat di 4 Desa.

Henry Sulfianto perwakilan 4 Desa yang juga sebagai ketua DAS Wrati  mengecam pipanisasi limbah yang akan di lakukan 5 perusahaan, pihaknya dan sejumlah warga langsung bertindak dengan membentangkan beberapa spanduk berukuran 5 meter di atas sungai Dusun Selorawan, Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, sebagai bentuk penolakan.

"Kita tidak setuju dan menolak keras adanya pipanisasi dari 5 perusahaan yang limbahnya akan dialirkan langsung ke sungai Wrati selain dapat merusak lingkungan dan menimbulkan bau busuk serta dapat mengancam kehidupan biota-biota air.

Hery menambahkan dengan adanya pipanisasi 5 perusahaan di mana pipa-pipa itu langsung menjulur ke aliran sungai, masyarakat akan susah mengontrol baku mutu limbah cair itu, dirinya dan juga warga takut di salah gunakan oknum-oknum perusahaan nakal yang membuang limbah bekas produksinya tanpa adanya proses baku mutu yang baik" ujar Henry Sulfianto. Selasa (7/12/2020).

Hery sangat berharap Muspika Kecamatan Beji dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa mencarikan solusi bagi warga kalau bisa di hentikan secara permanen sebelum warga geram akan hal ini.

Sementara itu Muspika Beji yang juga hadir di tengah-tengah warga yang menolak pipanisasi, Muspika Beji sempat menanyakan maksud dan tujuan kegiatan yang dilakukan sejumlah warga. Setelah warga menjelaskan, Muspika Beji sangat mendukung warga dan akan memanggil pihak-pihak perusahaan untuk duduk bersama pada haru Jumat lusa.

"Pasti kami dan DLH akan duduk bersama dan memanggil pihak-pihak perusahaan yang IPAL nya di buang langsung ke alairkan ke sungai untuk di mintai keterangan akan hal ini, " ujar Goni yang juga sebagai Camat Beji.

Perlu diketahui, DAS Wrati Sinergi merupakan gabungan dari warga terdampak dari limbah perusahaan, yakni Desa Cangkringmalang, Desa Kedungringin dan Desa Kedungboto, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. 

Pewarta : Dor
Komentar Anda

Berita Terkini