DPP Lidik Krimsus RI Kalbar Apresiasi Dan Dukung Penuh Sinergi Polres Singkawang Dengan PCNU Singkawang

/ 30 Januari 2021 / 1/30/2021 06:23:00 PM

 

Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, S.IK,. M.H.(bersama) Nasikhi


POLICEWATCH, Singkawang, Kalbar Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, S.IK,. M.H. bersama beberapa pejabat Polres Singkawang mengunjungi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Singkawang di kediaman Ketua PCNU yang baru terpilih Drs. H. Edy Purwanto Achmad, Jl. Ali Anyang Gg. Mahakam No. 57 Pasiran, Sabtu (30/01/2021).

Kunjungan Kapolres tersebut dalam rangka silaturrahim dan meningkatkan sinergitas antara Polri dan Ulama, terutama dalam menjaga kondusifitas situasi dan kondisi yang ada di Kota Singkawang.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari warga NU khususnya PCNU Kota Singkawang dalam menjaga ketertiban yang sudah berjalan di Kota Singkawang, khususnya dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi ini.” kata Kapolres.

Dia juga menjelaskan, bahwa Singkawang adalah salah satu daerah yang sangat heterogen, sehingga potensi konflik antar kelompok di masyarakat juga cukup besar. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama semua pihak terutama tokoh agama untuk menjaga Kota Singkawang sebagai Kota tertoleran di Indonesia ini tetap tertib dan harmonis.

Ketua PCNU Kota Singkawang periode 2021-2026 yang baru saja terpilih, Drs. H. Edy Purwanto Achmad, yang didampingi oleh Rois Syuriyah KH. Abdul Mutholib, S.Pd.I serta jajaran pengurus cabang NU Singkawang menyambut antusias kunjungan silaturrahim dari Kapolres Singkawang tersebut. Meskipun kunjungan tersebut agak mendadak, karena baru di sampaikan malam hari sebelumnya, namun ia sangat berterimakasih atas kunjungan Kapolres Singkawang tersebut.

“Sebenarnya kami juga berencana mengunjungi beberapa lembaga pemerintah termasuk Polres Singkawang nanti setelah SK kepengurusan keluar, namun ternyata hari ini malah kami sudah di kunjungi duluan oleh pak Kapolres,” kata Edy Purwanto sumringah.

Ketua PCNU Singkawang juga sependapat dengan Kapolres, bahwa sinergi antara ulama dan polri di Kota Singkawang sangat diperlukan dalam rangka mempertahankan predikat Kota Singkawang sebagai kota tertoleran se-Indonesia saat ini.

Selain itu ia juga menghimbau kepada segenap umat Islam khususnya warga nahdliyyin di Kota Singkawang untuk terus menjaga bukan hanya ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), tapi juga ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sesama warga negara) dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama manusia).

Pada kesempatan tersebut Kapolres Singkawang juga menyinggung tentang rencana kegiatan Lailatul Ijtimak ke-12 dan Peringatan Harlah NU ke-95 yang akan di laksanakan pada malam harinya yaitu tanggal 30 Januari 2021 di Masjid Al-Hidayah Pajintan agar benar-benar dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu memakai masker dan menjaga jarak. Untuk itu Kapolres juga bersedia untuk membantu membagikan masker secara gratis kepada semua jamaah yang hadir pada kegiatan tersebut.

Menurut Edy Purwanto, Acara Lailatul Ijtimak ke-12 dan Peringatan Harlah NU ke-95 tersebut sudah dirancang sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi. Tempatnya juga di dalam ruangan masjid saja, tidak sampai menggelar pentas atau tenda di lapangan. Ia juga menjelaskan susunan acara kegiatan tersebut yaitu, pembacaan sholawat, istighosah dan dzikir bersama, pemberian santunan untuk anak yatim, serta taushiyah yang akan di sampaikan oleh Pengurus LDNU pusat, KH. Ghufron Mubin dan Wakil Ketua PW Ansor Kalimantan Barat, Buhori, M.Pd.

Nasikhi sebagai Ketua DPP Lidik Krimsus RI Kalimantan Barat sekaligus kader NU sangat mengapresiasi terjalin nya silaturahmi dan kerjasama yang baik antara Polres Singkawang dengan PC NU Singkawang untuk bersama sama membangun Singkawang yang lebih baik.***(Teddy) 

Komentar Anda

Berita Terkini