Jelang Idul Adha 1442 H, Pemkot Metro Imbau Pelaksanaan Ibadah dan Petunjuk Teknis Kurban

/ 18 Juli 2021 / 7/18/2021 08:19:00 PM

 


METRO.LAMPUNG.POLICEWATCH.NEWS:

Pemerintah Kota Metro imbau pelaksanaan ibadah dan petunjuk teknis kurban jelang Idul Adha 1442 H.

Walikota Metro beserta Fokorpimda dan tokoh agama telah melakukan rapat gabungan terkait pelaksanaan Salat di hari raya dan penyembelihan hingga pendistribusian daging kurban di wilayah setempat.

Dari hasil rapat menyepakati peniadaan takbir keliling dan Salat Ied di Masjid Taqwa Metro, keputusan itu mengacu edaran Kementerian Agama dan instruksi Gubernur Lampung guna mengantisipasi laju penyebaran

Surat edaran Kemenag nomor 17 tahun 2021 memuat aturan terkait peniadaan sementara salat berjamaah serta pembatasan penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban dengan mematuhi protokol kesehatan terutama di wilayah yang menerapkan PPKM.

“Hal ini sudah sesuai dan tegak lurus dari kemenag, kalau bisa nanti tanggal 19 sudah mulai sepi, ini penting dan kami sudah saling berkomunikasi. Di Masjid Taqwa tidak menyelenggarakan, dan ini sebagai salah satu barometer. Selanjutnya mengenai penyembelihan akan diatur lagi yang tentunya harus dengan menerapkan protokol kesehatan”, kata Walikota Metro, Wahdi.

Sebelumnya, menurut Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islami di Kantor Kemenag Metro, bahwa panitia kurban agar dapat menyiapkan tempat pemotongan di tempat luas dan terbuka, dengan protokol kesehatan yang ketat. Pembatasan bagi masyarakat yang hadir hanya diperuntukkan yang berkurban saja yang boleh datang untuk meminimalisir kontak fisik, serta agar membawa alat penyembelih dari rumah masing-masing, tidak boleh secara bergantian.


Pewarta(Samadi)kota Metro Lampung

Komentar Anda

Berita Terkini