Warga Desa Penyangkringan merasa bersyukur adanya Rumah subsidi yang diresmikan Bupati Kendal.

/ 28 Agustus 2021 / 8/28/2021 06:37:00 PM

 


KENDAL.POLICEWATCH.NEWS:

Pembangunan rumah subsidi Cahaya Weleri Asri Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal untuk warga masyarakat yang kurang mampu, hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama, oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Sabtu (28/8/2021).


Usai melakukan Kegiatan peletakan batu pertama Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menjelaskan kepada wartawan, ini adalah bantuan rumah yang diberikan kepada masyarakat  Desa Penyangkringan adalah satu hal yang unik, karena lahannya swadaya masyarakat.


“Tadinya memang agak terkendala terkait lahan. Setelah saya bertemu Bapak Sofyan Jalil, Menteri ATR/BPN, Alhamdulillah dengan komunikasi yang baik, bantuan rumah untuk warga khususnya warga Penyangkringan yang wajib  menerima manfaat bisa terealisasi dengan baik” ungkap Dico.

Dirinya berharap, hal seperti ini terus didorong dan bisa berlanjut. Agar masyarakat yang masih satu rumah dua KK, dan belum punya rumah atau masih ngontrak bisa terbantu.

“Kita akan terus mendorong pemerintah pusat, agar pembangunan seperti ini terus dilakukan khususnya di Kabupaten Kendal. Agar masyarakat yang membutuhkan bisa terbantu,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiono yang mendampingi Bupati menambahkan, ada 170 unit rumah subsidi yang dibangun di lahan seluas 1,8 Hektare tersebut menelan biaya sebesar Rp 13 miliar sudah termasuk infrastruktur dan air bersih.

“Bantuan program Dana alokasi khusus (DAK) terintegrasi pembangunan perumahan untuk wilayah kumuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR),” jelasnya.

Sugiono menyebut, target pembangunan rumah subsidi pemerintah ini akan selesai dibangun pada akhir tahun 2021 ini.

“Luas lahan 1,8 hektare untuk 170 rumah, dengan masing-masing luas lahan 6 meter x 10 meter, yang luas bangunannya sebesar type 36, dengan biaya pembangunan per unit Rp 50 juta,” jelasnya.

Sementara itu, menurut salah  satu warga Desa Penyangkringan seorang yang menerima manfaat, Idris (49), dirinya bersyukur bisa memperoleh rumah subsidi ini,  terimakasih Bapak Bupati yang sudah meresmikan Rumah subsidi ini.

"Idris juga menambahkan, Rumah ini sudah saya idam-idamkan selama puluhan tahun baru terlaksana, Alhamdulillah saya dapat kesempatan di sini karena saya belum memiliki rumah, Alhamdulillah,  semuanya yang sudah terlibat dalam pembuatan rumah ini semoga menjadi amal ibadah panjenengan semua, semoga rumah ini bermanfaat untuk keluarga saya dan teman-teman kita semuanya,” katanya.

(Nyaman).

Komentar Anda

Berita Terkini