Sijago Merah Melalap Sebuah Open Tembakau Di Desa Beleka Praya Timur

/ 28 September 2021 / 9/28/2021 11:41:00 AM

 


Policewatch-LombokTengah.

Pada hari Senin tanggal  27 September 2021 sekitar pukul 19.10 Wita, terjadi kebakaran open tembakau di Dusun Gedong, Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah.

Adapun identitas pemilik Open adalah: Senem alias Amaq Gunawan, 55 tahun alamat Dusun Gedong Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah.


Saksi yang pertama kali mengetahui kebakaran Open Tembakau tersebut adalah Hartono, 26 tahun, alamat Dusun Gedong, Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum menyampaikan Kronologis kejadian yaitu pada hari  Senin tanggal 27 September 2021,  sekitar Pukul 19.10  Wita, terjadi kebakaran Open tembakau di Dusun Gedong Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah, pada saat kejadian korban sedang berada disekitar open bersama saksi kemudian korban melihat Kepulan asap keluar dari dalam serta melihat api sudah mulai membakar tembakau.


Korban dan saksi spontan berteriak meminta tolong dan masyarakat berbondong bondong membantu untuk memadamkan api, sekitar pukul 19.20 wita  satu unit Pemadam Kebakaran dari Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur dan sekitar pukul 19.50 wita satu Unit Damkar Kabupaten Lombok Tengah tiba di lokasi kebakaran dan langsung membantu memadamkan api, sekitar pukul 20.00 Wita api dapat dipadamkan.

Adapun penyebab kebakaran diperkirakan karena adanya daun tembakau yang jatuh  ke tungku selanjutnya api dengan cepat menyambar dan membakar tembakau yang dalam keadaan setengah kering.

Isi open tembakau yang terbakar tersebut sebanyak tujuh ton dan kegiatan Pengopenan sudah berlangsung selama lima hari. serta tembakau dan atap open terbakar secara keseluruhan

Akibat kejadian Kebakaran open tembakau  tersebut pemilik open  mengalami kerugian diperkirakan sekitar Rp. 50.00.000 dan tidak terdapat korban jiwa.

Berdasarkan keterangan saksi dan fakta - fakta di lapangan ditemukan bahwa kebakaran Open tersebut terjadi karena adanya daun tembakau yang jatuh ke tungku kemudian menyambar tembakau lainnya.

Hal lain juga didapatkan kurangnya penggunaan peralatan pengaman diatas tungku pengapian, sehingga daun tembakau kering yang jatuh dapat lansung terbakar. Tutup Kapolsek."ZM".



Komentar Anda

Berita Terkini