Petani Menjerit..!! Pipa Saluran Limbah PT. Satoria Aneka Industri Bertahun-Tahun Belum di Perbaiki

/ 11 Oktober 2021 / 10/11/2021 07:17:00 PM

 


POLICEWATCH. NEWS, PASURUAN- Jeritan Petani di dua Desa antara Desa Sambisirah dan Desa Pakijangan masih nampak hingga sekarang bahkan beberapa waktu yang lalu media online maupun media cetak ramai-ramai memberitakan dan tak sedikit pula para aktifis mengecam tentang adanya pipa pembuangan limbah industri yang berdiameter kurang lebih 60 cm² yang diduga milik PT. Satoria Aneka Industri yang beralamatkan di jalan Raya Kejayaan-Purwosari Km 16. Kecamatan Wonorejo bertahun-tahun hingga sampai sekarang masih nonggol di atas saluran irigasi dan belum ada tindakan dari Pemkap Pasuruan maupun aparat penegak hukum.

Ketua kelompok petani yang namanya minta di rahasiakan mengatakan sebetunya kami sudah capek untuk melaporkannya pada beberapa waktu yang lalu kami berkali-kali laporkan masalah ini ke Pemdes Sambisirah namun hasilnya selalu nihil tanpa ada kejelasan di mana sepanjang saluran air irigasi yang mengaliri sawah petani baik petani jagung maupun petani padi itu tertanam pipa dari PT. Satoria Aneka Industri dan sekarang seiring berjalannya waktu pipa tersebut tampak nongol sepanjang saluran sungai sehingga saluran irigasi tersumbat karena adanya pipa tersebut apalagi di saat hujan, air meluber ke mana-mana dan tanaman petani banyak yang rusak jelas kami merugi,"terangnya. Senin (11/10/2021)

"Kami sebetunya sudah jenuh akan hal ini, bukanya kami diam namun jeritan kami sampai detik ini tak dihiraukan, kami sudah berkali-kali melapor ke Pemdes Pakijangan Kecamatan Wonorejo dan beberapa media beberapa waktu yang lalu juga ramai-ramai memberitakan dan kawan-kawan aktifis juga pernah menyikapi namun sampai detik ini belum juga ada hasilnya, buktinya pipa saluran milik PT. Satoria Aneka Industri itu sampai sekarang belum di perbaiki atau di tanam sesuai kesepakatan dahulu.

Di lain tempat beberapa waktu yang lalu Kepala Desa Pakijangan Hartadi mengatakan ke awak media tentang keluh kesah para petani, ia membenarkan keluhan para petani namun di saat pemasangan pipa tersebut dirinya belum menjabat sebagai kepala Desa Pakijangan,"ujarnya.

"Kami sudah pernah layangkan surat aduan ke Kantor Kecamatan Wonorejo untuk akan keluh kesah para petani akibat adanya pipa pembuangan saluran limbah milik PT. Satoria namun sampai detik ini kami belum menerima kabar dari pihak Kantor Kecamatan Wonorejo namun kami pernah menghubungi pihak manejemen PT.Satoria Aneka Industri mereka bilang ke kami tahun ini akan segera di perbaiki.


Sementara itu pihak Humas PT. Satoria Aneka Industri, Harto saat di konfirmasi awak media Policewatch.news melalui pesan singgkat (Whatshapp) belum memberikan klarifikasi atau tanggapan mengenai hal ini hingga berita ini di tayangkan. (Dr)  Bersambung...

Komentar Anda

Berita Terkini