Dukung Wartawan Berkompeten, MZK Institute Adakan UKW di Kutai Timur

/ 13 November 2021 / 11/13/2021 08:57:00 AM


Laporan: Amun JG

Kutai Timur.Policewatch.News:

Lembaga Pelatihan Kerja Mediatama Zeine Kutuby Institute atau LPK MZK Institute mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kutai Timur, Kalimantan Timur pada 13-14 November 2021.  UKW ini diadakan atas kolaborasi MZK Institute dengan Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) yang diuji oleh PT Aksara Solopos. Pengadaan UKW ini bertujuan untuk menyiapkan wartawan agar berkompetensi dan bisa memahami secara total profesi mereka.

"UKW ini sebagai bentuk untuk mengukur diri kita sebagai wartawan. Maka, maksimalkan ujian dan kemampuannya," kata Martha selaku Direktur MZK Institute dalam sambutan pembukaan UKW Kutai Timur Sabtu, 13 November 2021.

Selain untuk mengukur diri, profesi wartawan ini juga sebagai bentuk untuk unjuk diri kepada khalayak umum agar dipercaya publik. Sebab, sesuai dengan indeks kepercayaan masyarakat terhadap profesi, wartawan adalah profesi yang kurang dipercaya masyarakat.

"Saya membaca indeks kepercayaan publik terhadap profesi. Saya melihat bahwa kepercayaan publik terhadap profesi wartawan itu rendah," kata Syifaul Arifin selaku Koordinator Tim Penguji Solopos Institute.


Lebih lanjut, Syifaul mengatakan pengadaan Uji Kompetensi Wartawan ini tak lain dan tak bukan untuk menarik kepercayaan publik kepada wartawan, sehingga di lapangan bisa diturunkan wartawan-wartawan yang berkompetensi dan lebih dipercaya oleh masyarakat.

Komentar Anda

Berita Terkini