TAK KUNJUNG DIPERBAIKI PEMDA, MASYARAKAT SWADAYA PERBAIKI JEMBATAN WAETINA

/ 16 Januari 2022 / 1/16/2022 09:18:00 PM

 



BURU, POLICE WATCH. NEWS,_ Kondisi semakin memprihatinkan Jembatan yang tak kunjung diperbaiki Pemerintah Daerah Kabupaten Buru akhirnya diperbaiki secara swadaya oleh Masyarakat Desa Waetina, Kecamatan  Waelata, Kabupaten Buru. Perbaikan jembatan satu-satunya penghubung ke Desa Waetina, Desa Waeflan dan Desa Waehata ini dilakukan dengan mengganti bagian jembatan yang telah berlubang karena kayu jembatan telah rapuh dan jatuh dengan kayu sualap (balok) batang Pohon Kelapa, Minggu (15/1).

Masyarakat setempat khawatir apabila tidak segera diperbaiki dapat menimbulkan kecelakaan bagi pengguna jembatan karena sebagian kayu telah rapuh, dan pada bagian tertentu telah kosong/ berlubang. Bahkan kadang kendaraan penggunaan jalan terperosok kelubang apabila kurang berhati-hati melintasi jembatan tersebut.

"Kami inisiatif melakukan perbaikan untuk yang kedua kalinya secara swadaya, karena sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki pemerintah daerah, dan kalau harus menunggu diperbaiki pemerintah terlalu lama kami khawatir nantinya dapat menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jembatan ini," ungkap Novianto Pejabat Kepala Desa Waetina kepada Police Watch News saat di konfirmasi via telepon.

Lebih lanjut dijelaskan Novianto, bahwasanya perbaikan jembatan ini biayanya hasil patungan masyarakat Desa Waetina dan dikerjakan juga secara gotong royong bersama-sama dengan menggunakan Batang Pohon Kelapa yang dibuat sualap (kayu balok). Perbaikan belum selesai direncanakan akan ditambahkan juga bantalan atau lintasan untuk ban kendaraan roda empat.

"Harapannya kepada pemerintah Daerah Kabupaten Buru jembatan semi permanen besi kayu ini dapat diganti dengan jembatan baru yang permanen, karena selain jembatan telah cukup lama dibuat, jembatan ini telah miring. Bisa dilihat jembatan sudah miring kesalah satu sisinya dan bila di biarkan dalam jangka waktu yang lama dikhawatirkan akan roboh, padahal ini satu-satunya akses ke Desa Waetina, Waeflan, dan Desa Waehata," tutur Novianto. 

Sementara salah satu pengguna jalan menyampaikan kepada Police Watch ketika dimintai tanggapan terkait kondisi jembatan ini menyatakan agar ditahun 2022 ini, kepada Pemda Buru dan Anggota DPRD Buru agar alokasikan anggaran bukan lagi untuk perbaikan kayu pada jembatan ini tapi sebaiknya pembangunan jembatan baru.

"Kami berharap kepada Pemda Buru dan DPRD Buru agar tahun 2022 ini jembatan Waetina ini bukan hanya diperbaiki bagian kayunya, tapi lebih baik dibuat yang baru, karena kami khawatir tidak bertahan lama karena jembatan sudah nampak miring kesalah satu sisinya," harap Mualip. (A*)

Komentar Anda

Berita Terkini