Arahan Pada Musrenbang Kelurahan 2022 di Yosorejo

/ 10 Februari 2022 / 2/10/2022 07:56:00 AM

 

POLICEWATCH,NEWS,METRO LAMPUNG

Walikota Metro Wahdi memberikan arahan secara langsung pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Tahun 2022. Dengan tema “Meningkatkan Kesejahteraan dan Daya Saing Masyarakat Melalui Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan”, berlangsung di Aula Kelurahan Yosorejo, Metro Timur, Rabu (9/2/2022).

Lurah Yosorejo Budi Maryanto, menyampaikan pokok pendapatan PBB di tahun 2021 sebanyak Rp. 281.976.745, dengan realisasi Rp.205.968.983, presentase realisasi 75% dengan adanya beberapa kendala.

“Pokok-pokok permasalahan yang terjadi adalah wajib pajak yang tidak selalu ada ditempat, selalu menunggu jadwal jatuh tempo, dan kurang memahami pentingnya membayar pajak,” jelasnya.

Selain, melaporkan permasalahan atau kendala yang terjadi, lurah Yosorejo juga memberikan beberapa solusi untuk permasalahan PBB yang terjadi di Kelurahan Yosorejo.

“Sosialisasi yang intens tentang pembayaran pajak yang mudah dengan bisa membayar langsung ke bank tanpa antri dengan melalui jalur khusus atau melalui panjol Kelurahan, pemasangan banner/panflet ditempat strategis dan ramai, dan terakhir dengan membentuk tim satgas PBB,” papar Budi.

Adapun usulan fisik terhadap Musrenbang pada tahun 2023 seperti, pembangunan rabat beton bahu Jl. Mahakam dan Rehab Gedung PKK RW 04, Rehab Drainase Jl. Hasanudin RW 6, Pelapisan Jl. Way Umpu RW 05, Pelebaran Jl. Way Gayau RW 03, Corblok RW 08, dan Perbaikan Jl. Latasir ke Hotmix yang berada di Jl. Tengger RW 09.

Lanjut Budi, memaparkan Pembangunan Drainase di 6 (Enam) RW yang ada di lingkungan Kelurahan Yosorejo, Pembangunan Corblok di 3 (Tiga) lokasi dan pengadaan sarana dan prasarana seperti mesin Pemotong Rumput dan Mesin Sinsow.

“Pembangunan pada bidang sosial dan budaya Kelurahan Yosorejo mengusulkan penambahan gedung posyandu dan spandek, sound sistem Wireless, sarana dan prasarana rukun kematian dan rumah ibadah, insentif TPA, sekolah gereja, oprasional juru kunci makam dan insentif kaum,” ujarnya.

Lurah Yosorejo juga menjelaskan untuk usulan bidang ekonomi yang diajukan tahun 2023, yaitu pelatihan dan peralatan hidroponik, bibit kolektif, pembibitan ikan gurame, pengadaan sarana dan prasarana bank sampah dan pelatihan pembuatan kue.

Walikota Metro Wahdi dalam sambutannya berharap pembangunan prioritas yang diusulkan merupakan kebutuhan masyarakat, dengan melihat potensi dan disesuaikan pada dana yang telah ada.

“Proses pembanguan investasi terbesar adalah sumber daya manusia dan didukung oleh sarana dan prasarana, maka kelurahan sebagai ujung tombak yang dekat dengan masyarakat dapat melihat langsung dengan tidak melupakan pentingnya silaturahmi,” terang Wahdi.

Tambahnya, Wahdi menilai menjaga silaturahmi kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh Kelurahan Yosorejo sebagai ujung tombak pemerintah. Dirinya juga mengatakan bahwa potensi yang ada di kelurahan Yosorejo untuk terus dikembangkan.

“Potensi-potensi PAD di Yosorejo sangat besar karena merupakan pusat kota pendidikan sesuai dengan Visi Kota Metro terwujudnya Kota Metro berpendidikan, maka dari itu potensi-potensi yang ada harus terus dikembangkan dengan menggunakan dana yang ada menjadi modal untuk pembangunan Yosorejo menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Wahdi juga mengatakan, lurah harus memahami wilayahnya baik luas, permukiman, dan pembangunan yang dibutuhkan. “Jangan sampai pembangunan yang ada di Kota Metro tidak dipelihara dengan baik, oleh karena itu input masukan masyarakat sangat penting untuk mencapai nilai kesejahteraan masyarakat”, tutup Wahdi. 


(Samadi

Komentar Anda

Berita Terkini