IPW Desak Kapolda Kaltara Proses Hukum Briptu HSB Terkait Tambang Emas Ilegal juga Oknum Pejabat Menerima Aliran Dana Uang Haram

/ 8 Mei 2022 / 5/08/2022 04:24:00 AM

 


BREAKING NEWS 

Ketum IPW

JAKARTA -POLICEWATCH.NEWS - IPW mendesak Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityasa serius membongkar praktek pelanggaran hukum Briptu Hsb ilegal mining ( emas ), import pakaian bekas dengan memproses hukum tuntas dan membongkar pejabat2 kepolisian maupun sipil yang mendapat aliran dana uang haram dari Briptu HSB. 

" kasus mirip  Briptu Hsb pernah terjadi pada kasus Iptu Labora sitorus  yang terbongkar karena memiliki rekening gendut 1, 2 Trilyun di papua. Labora sitorus yang terlibat pembalakan Liar ," jual beli BBM ilegal kasusnya telah menyeret nama2 petinggi kepolisian saat itu diantaranya tersebut ; mantan kapolda Papua terkait aliran dana sepanjang tahun 2012,  dan Juga kapolres Raja Ampat saat itu.

" Akan tetapi kasus Iptu Labora Sitorus terhenti pada Labora sitorus saja yang kemudian dihukum dan dijebloskan di lapas Cipinang. 

Ipw mendesak Kapoda Kaltara mengungkap tuntas pihak2 penerima dana dari atasan2 Briptu HSB karena tidak mungkin atasan2 briptu HSB tidak tahu praktek lancung anak buahnya yang masih dalam masa dinas tersebut

Penyidik Direskrimsus Polda Kaltara jangan melindungi dan menutup informasi pejabat polisi atau sipil yang mendapat aliran dana dan harus memanggil dan memeriksa mereka serta mengumumkan secara terbuka. Harus diterapkan Presisi Polri khususnya Transparansi.

IPW mendesak Kapolri juga menurun tim Propam Mabes Polri untuk mengawasi proses pemeriksaan kasus "labora Kaltara "ini agar perintah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo hukum tidak hanya tajam kebawah tapi tumpul keatas mengaca pada kasus Labora Sitorus di Papua.untuk itu harus diterapkan dengan tegas Perpol No. 2 Tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat ( Waskat ) yang memungkinkan pengenaan sanksi sampai pada 2 tingkat komandan diatas Briptu HSB. 

Untuk dapat membongkar kasus ini dengan lebih dalam dan tuntas, Briptu HSB harus diberi kesempatan sebagai " Justice colaborator . 

Ipw menduga kasus ini adalah persaingan bisnis, terkait dengan setoran yang tidak lancar pada oknum2 petinggi polisi tertentu dan dan stop kasusnya hanya sampai Briptu HSB sebagaimana kasus Iptu Labora sitorus, 


Sugeng Teguh Santoso
Ketua IPW

Data Wardana Sekjen IPW

Komentar Anda

Berita Terkini