KPA Menyebutkan 1180 Orang Dibrebes Terdeteksi Kena Virus HIV/AIDS

/ 30 Juli 2022 / 7/30/2022 06:34:00 PM

 




Brebes, policewatch.news,-Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Brebes menyebutkan bahwa 1180 orang di Brebes terdeteksi kena virus HIV, hal tersebut di sampaikan saat gelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual, Jum'at (29/7) di Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten  Brebes Jawa Tengah 

Acara sosialisasi yang digelar diaula kantor Balaidesa Bukusari di hadiri para kader posyandu, tokoh agama, Pemuda dan kelembagaan.

Dalam keteranganya, KPA Brebes menyebutkan dari data yang kami miliki  ada sekitar 1180 orang terdeteksi kena virus HIV/AIDS sejak tahun 2006 hingga tahun 2022.

Itu menyebar di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes, namun dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes, yang tertinggi di Kecamatan Brebes, menyusul Kecamatan Losari dan Kecamatan  Bulakamba, " kata Slamet Tohani.


Slamet Tohani yang juga sekretarais KPA Brebes berharap dengan sosialiasi seperti ini dapat memberikan edukasi dan pencegahan terhadap penyakit tersebut.

"Acara sosialiasi ini dimaksud agar masyarakat memahami bahaya HIV/AIDS dan memahami cara pencegahanya dimana kami melibatkan pemerintahan desa untuk membantu membentuk tim peduli warga" terang Tohani.

Sementara Kepala Desa Bulusari, Asef Trirosanto ketika di jumpai awak media ini mengatakan,menyambut baik program KPA Brebes, menurutnya ini sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat guna pencegahan.

"Kami mengapresiasi KPA Brebes yang terus mengedukasi masyarakat tentang HIV/AIDS, ini penting dilakukan karena jangan sampai grafik jumlah penderita semakin naik.

Untuk itu sebagai bentuk dukungan, kami gerakan warga kami untuk masuk tim bagian warga peduli. selain itu jika diperlukan, akan kami ajukan anggaran melalui Anggaran Desa" tandas Asef.

Sementara Bidan Widiya Guna Mulia, narasumber sosialiasi menerangkan untuk mengenal penyakit tersebut disebutkan ada 3 cairan dalam penularanya.

Cairan darah, air kelamin sama air susu ibu, tapi penularan penyakit ini bisa dicegah dengan memproteksi diri terutama saat berhubungan badan yang sering gonta ganti pasangan.

Bidan  Widiya juga menghimbau  untuk membangun keluarga yang harmonis dengan membangun komunikasi yang baik antara suami , istri dan anak-anak sehingga tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. 

“Setialah dengan pasangan kita masing-masing dan bangunlah keluarga bahagia dengan anak-anak kita,"pungkasnya.

Pewarta : Haryoto/Makroni

Komentar Anda

Berita Terkini