SIFAT UJUB TAKABBUR & RIYA' BERUJUNG CILAKA

/ 2 Juli 2022 / 7/02/2022 10:23:00 AM

          Ragam Religi Edisi 07

       Redaksi.Policewatch.News; Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Follower,nitizen pembaca media policewatch.news.

Pada kesempatan Sabtu ini di hari ke 2 bulan Juli 2022 kita akan membahas Tiga sikap dan perilaku yang dapat mencelakan kehidupan Kita.

*Ujub dalam islam* diartikan sebagai perilaku atau sifat mengagumi diri sendiri dan senantiasa membanggakan dirinya sendiri.

 Sifat ujub adalah salah satu sifat tercela atau sifat yang harus dihindari oleh umat muslim karena sifat ini bisa membuat seseorang menjadi sombong/takabbur  maupun riya.

Imam Al Ghozali menyebutkan bahwa perasaan _*"ujub adalah kecintaan seseorang akan suatu karunia yang ada pada dirinya dan merasa memilikinya sendiri serta tidak menyadari bahwa karunia tersebut adalah pemberian Allah SWT. Orang yang memiliki sifat ujub tidak akan mengembalikan keutamaan yang dimiliki tersebut kepada Allah SWT”*_


“Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan:

*(1) tamak lagi kikir,*

*(2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan),*

*(3) ujub (takjub pada diri sendiri).”*

_(H.R. Abdur Razaq, hadits hasan)_


*"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri".* 

_(Qs Luqman :18)_


Adapun bahaya sifat ujub yang bisa diketahui antara lain :

*1. Terhapus pahalanya*

Dalam suatu hadits Rasulullah SAW bersabda bahwa seseorang yang merasa bangga dan menceritakan perbuatan baiknya pada orang lain maka pahala atas perbuatan baiknya tersebut akan dihapuskan.

Sebaiknya jika seseorang berbuat baik maka sebaiknya tidak diceritakan dan hanya ia serta Allah saja yang tahu.


_*“Tiga hal yang membinasakan : Kekikiran yang diperturutkan, hawa nafsu yang diumbar dan kekaguman seseorang pada dirinya sendiri.”*_ (HR. Thabrani).

*2. Mendatangkan murka Allah SWT*

Allah sangat membenci perilaku ujub oleh sebab itu sifat ujub bisa mendatangkan murka Allah dan membuat seseorang terkena musibah baik di dunia maupun di akhirat. 

Nabi s.a.w bersabda, *“Seseorang yang menyesali dosanya, maka ia menanti rahmat Allah. Sedang seseorang yang merasa ‘ujub, maka ia menanti murka Allah.”*

 _(HR. Baihaqi)_

*3.Menjerumuskan pada sikap takabur*

Seseorang yang gemar membangga-banggakan dirinya tentu akan merasa dirinya lebih hebat dibandingkan orang lain dan hal ini bisa menjerumuskan orang tersebut dalam perbuatan takabur atau sombong.


Celakanya, orang yang memiliki sifat sombong/takabbur tidak akan masuk surga sebagaimana sabda Rasul SAW berikut (baca sifat sombong dalam islam)


Nabi s.a.w bersabda,

*”Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat perasaan sombong meskipun hanya sebesar biji sawi* (HR. Nasa’i)

*4.Tidak disukai orang lain*

Fakta yang ada di lapangan seringkali mengingatkan kita bahwa seseorang yang gemar menyanjung diri sendiri atau bersikap ujub biasanya tidak banyak disukai orang dan cenderung dijauhi karena perilakunya yang sering menganggap remeh orang lain. Inilah mengapa orang dengan sifat ujub tidak banyak memiliki teman. SAHABAT  ku, demikianlah penjelasan mengenai sifat ujub, takabbur dan riya dalam islam serta bahayanya bagi seorang muslim. 

Semoga kita di pembaca policewatvh.news terhindar dari sifat² yg tidak disukai Allah dan kita bisa senantiasa istiqomah di jalan yang diridhoi  Allah SWT.

AaaamiiƬin Yaa Allah yaa Mujiibassaailiiin Alfaatihah 


                     Team redaksi


                H.A Wakid Irvanto

                     02  07  22



Komentar Anda

Berita Terkini