Subhan Pattimahu: Insiden di Pantai Merah Putih Merupakan Spontanitas Gubernur Maluku Merespon Situasi Yang Terjadi.

/ 10 Juli 2022 / 7/10/2022 10:06:00 AM

 

Buru,Policewatch.News: Menanggapi insiden demonstrasi saat kunjungan kerja Gubernur Maluku, Irjenpol. (Purn). Drs. Murad Ismail, SH.MH ke Kabupaten Buru untuk sejumlah agenda kedinasan. Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Maluku, Subhan Pattimahu,  yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Baridan Pemuda Nusantara (BAPERA) Provinsi Maluku angkat bicara.


"Bahwa apa yg terjadi spontanitas. Sebagai manusia bahkan pejabat sekalipun bisa mengalami hal yang sama. Respon spontan adalah wujud sensitifitas seseorang terhadap serangan ataupun gangguan terhadap dirinya apalagi Murad Ismail (MI) memiliki latar belakang militer yang tentu sangat awas terhadap gangguan yang bermaksud menyerang atau menyinggung dirinya," disampaikan Pattimahu kepada media ini via Pesan WhatsApp, Minggu (10/07/2022).


Lebih lanjut ungkap Pattimahu, Penyerangan itu bukan saja fisik tetapi verbal. Kita tentu tidak bisa mengharapkan MI membuat respon sesuai keinginan kita. yang benar adalah kita melihat kejadian itu secara utuh.


 "Siapa yg bermaksud menyerang, siapa yang diserang dan dalam momentum apa. Latar penyerang pun patut dilihat, siapa dia, apa hubungannya dengan MI dan konten apa yg disampaikan. Boleh jadi mereka tak saling kenal, penyerang sendiri tak memiliki hubungan buruk dengan MI dan tiba2 hadir dilokasi acara resmi membacakan tuntutan mereka bertiga dengan suara bernada emosi dan resonansi besar," lanjutnya.


Selanjutnya dijelaskan Pattimahu, Berbeda jika Demo yg dikelola segera terorganisir pasti sudah memberitahukan tiga (3) hari sebelumnya pada pihak berwajib karena itu mekanisme jadi ini dua hal yg berbeda. Dengan Demikian Boleh jadi bermain invisible hand dibalik penyerangan verbal tersebut.


 

"Oleh karena itu saya menghimbau kepada warga masyarakat untuk jangan memperbesar masalah dan kejadian itu, lihat secara positif dari kehadiran bapak Gubernur Maluku ke Pulau Buru untuk meresmikan sejumlah proyek infrastruktur, penyerahan Aset Terminal Angkutan Tipe B, penyerahan ATM Bank Maluku bagi siswa miskin, penyerahan Kartu Maluku Cerdas, dan penyerahan santunan dari Baznas hasil pengumpulan zakat, infaq sedekah (Aparatur Sipil Negara' (ASN) dan pihak lain kepada masyarakat yang membutuhkan, penyerahan bantuan produktivitas usaha mikro dengan total bantuan yang akan diberikan pada 250 usaha mikro serta bantuan pengembangan Bumdes," rinci Pattimahu.


Diakhir penyampainya Subhan Pattimahu menyampaikan, kiranya akan banyak Warga Buru yang menyesali para oknum demo tersebut.


"Warga Buru tentu akan sangat menghargai tamu apalagi ini Gubernur Maluku yang berkunjung, bahkan melaksanakan Sholat Idul Adha disana. Saya kira banyak Warga Buru yang merasa malu dengan kejadian tersebut, karena yang kami tau Masyarakat Buru sangat baik, sopan, dan santun," tuturnya.


Tak lupa pada kesempatan ini dirinya berharap dengan kehadiran Gubernur Maluku di Kabupaten Buru akan memperhatikan tuntutan Warga Masyarakat di Buru termasuk tuntutan para pendemo kemarin. 

Kami yakin sungguh itu akan dikoordinasikan oleh Gubernur Maluku. (Aam).

Komentar Anda

Berita Terkini