Pemerintah Subang kumpulkan Para Kades Bahas Keuangan Dan Pembangunan

/ 6 Oktober 2022 / 10/06/2022 09:32:00 PM

 


         Policewatch.news Subang.

Terkait dengan keuangan dan pembangunan desa di kabupaten Subang Jawa barat para camat dan kepala desa (kades) berkumpul di aula H Oman suhroni Pemda Subang.Jumat 30/09/2022.

Dalam kegiatan workshop tentang evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa pada pemerintahan kabupaten Subang di buka oleh wakil bupati Subang Agus Masykur Rosyadi. Wakil bupati dalam kesempatan ini menyambut baik dengan terlaksananya kegiatan demi progres pembangunan yang sedang terjadi baik dari level pemerintah daerah sampai pemerintah desa. Menurut wakil bupati semoga dengan kegiatan ini akan menambah wawasan bagi para kepala desa untuk mendukung kinerja semakin lebih baik kedepannya karena posisi desa dalam program pembangunan nasional baik secara fisik maupun non fisik di posisikan pada gada terdepan. Wakil bupati juga menambahkan bahwa total pagu desa kabupaten Subang pada tahun 2022 yang pengalokasian nya pada awal tahun untuk BLT paska pademi covid 19 dan di akhir tahun ini di alokasikan sebagai BLT ketahanan pangan dampak dari kenaikan BBM, maka dari itu dengan ada nya workshop ini di harapkan akan terwujud konsep kebijakan pengelolaan sumber daya keuangan yang lebih baik transparan dan berkelanjutan yang terangkum dalam manajemen keuangan desa yang efektif. 



Selain itu beberapa tahun pemerintah daerah begitu sulit mengelola keuangan dengan adanya covid 19, maka oleh sebab itu kita harus mengelola keuangan kita sehingga tepat sasaran penggunanya untuk pembangunan dan kesejahteraan. Agus Masykur juga menekankan bahwa pemerintahan desa harus mampu meplementasikan konsep yang telah diberikan  pada momentum workshop,dan seluruh pemerintahan desa harus bisa juga mengambil manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan perencanaan yang sudah di susun demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Wakil bupati Subang memberikan motivasi kepada peserta workshop untuk terus mengikuti pemahaman dari ahli yang juga memberikan kontribusi demi pengelolaan anggaran tepat guna. 



Wakil bupati Subang berharap mudah mudahan kita menghadapi tahun 2023 mendatang perekonomian akan kembali normal dan serta bantuan dari pusat naik dan dana yang ke desa juga besar selain di peruntukan bansos juga untuk dana infrastruktur.

 

Selain itu panitia pelaksana Korwas bidang AP2BPKP propinsi Jawa barat hadir Jaja Rahmat dalam kesempatan ini juga menyampaikan untuk kegiatan workshop evaluasi pengelolaan dana desa yang tepat dan terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi di covid 19 ini.


Dalam kesempatan yang sama pula sekretaris daerah kabupaten Subang H.Asep nuroni yang juga sekaligus sebagai moderator menyampaikan kades itu aparat paling dekat dengan masyarakat dan tugasnya banyak, karena paling depan sehingga kades akan mengetahui permasalahan dan harapan dari masyarakat desa sehingga kades perlu dukungan diantaranya dana desa yang sudah berjalan. Sekda berharap dengan workshop ini para kades dapat mengelola dana keuangan dengan baik sehingga kondisi dana keuangan dapat diharapkan. Kabupaten Subang lebih bisa bersyukur lebih aman dari berbagai aspek, bisa berakibat baik, bisa dikelola dengan berintegritas, transparan dan akun tabel dan juga bisa mendorong kepentingan masyarakat melalui pembangunan masyarakat dan terhindar dari masalah hukum.


Anggota komite IV DPD RI Dra.Ir. Hj.Eni Sumarni selaku pemateri pada kegiatan workshop mengatakan bahwa peran DPD RI cukup berperan terhadap pembangunan desa dan pemulihan ekonomi desa. Ada 2 hal yang perlu dikembangkan dalam pembangunan desa yaitu pertama pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan, yang ke kedua pemberdayaan desa adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa dalam pembangunan workshop, peningkatan pendapatan dan perluasan sekala ekonomi individu warga atau kelompok masyarakat desa seperti pemberian permodalan, pelatihan keterampilan dan kewirausahaan serta pengembangan alat dan sarana produksi.


Selain di hadiri narasumber dari anggota komite IV DPR RI Dra.Ir.Hj Eni Sumarni, juga hadir narasumber

Komentar Anda

Berita Terkini