RsudAy Metro Resmi Sandang Jadi Rumah Sakit Pendidikan Utama

/ 14 Oktober 2022 / 10/14/2022 07:41:00 PM

 

POLICEWATCH.NEWS:METRO LAMPUNG

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah memutuskan, bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani (RSUDAY) Kota Metro menjadi rumah sakit pendidikan berpredikat utama dan tertuang dalam Keputusan SK Nomor: HK.01./ Menkes/ 1309/ 2022.



Hal ini disampaikan dr. Fitri Agustina selaku Direktur RSUD A. Yani Metro, yang menjelaskan, bahwa rumah sakit Ahmad Yani Metro kini resmi menjadi rumah sakit pendidikan yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan mulai dari kedokteran hingga keperawatan.



“Alhamdulillah rumah sakit kita telah ditetapkan sebagai rumah sakit utama fakultas kedokteran. Jadi telah sah menyandang sebagai rumah sakit pendidikan utama,” kata dia dalam konferensi Pers yang digelar di aula kantor RSUDAY Metro, Kamis (13/10).



Ia menerangkan, status RSUDAY sebagai rumah sakit pendidikan utama telah dicapai sejak Juli lalu 2022 lalu. Pihaknya, juga telah melakukan kerjasama dengan jumlah perguruan tinggi bidang kesehatan di Provinsi Lampung.



“Ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan utama ini terhitung sejak tanggal 25 Juli 2022 dan telah tertuang dalam keputusan Menteri Kesehatan RI No : HK.01./Menkes. Kita juga sudah bekerjasama dengan fakultas kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung,” ujarnya.



dr. Fitri juga mengungkapkan, bahwa telah terdapat mahasiswa kedokteran yang lulus menempuh pendidikan praktik di RSUDAY.



“Sudah sekitar 200 lebih yang melakukan prakteknya di rumah sakit kita ini dan bulan Mei itu ada yang sudah mau lulus. Memang ini semua butuh perjuangan yang cukup lama, berkat bekerjasama dan tentunya didukung penuh hingga kita bisa menyandang predikat ini. Sejak tahun 2021 kita menggandeng Universitas Malahayati fakultas Kedokterannya, sehingga kita bisa bekerja sama melalui MoU,” imbuhnya.



Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur (Wadir) RSUDAY Kota Metro, dr. Hasril Syahdu menjelaskan bahwa status Ahmad Yani adalah type B. Mengingat, merupakan rujukan sejumlah rumah sakit type C di Kota setempat.



“Rumah Sakit Ahmad Yani ini tipe B, rumah sakit rujukan dari tipe C yang ada di lingkup Metro dan sekitarnya. Selain itu, juga memiliki program unggulan seperti penanganan jantung, kenser, plumo, dan tumbuh kembang. Sekarang kita sudah lengkap semuanya, jadi kedepan kita tidak lagi ke rumah sakit Abdul Muluk di Bandar Lampung. Hanya saja Radio trafi kita yang belum mendukung, insyaallah tahun depan kita bisa memenuhi kekurangan itu,” tambahnya.



Selain itu, dr. Hasril Syahdu juga memaparkan sejumlah program yang menjadi unggulan RSUDAY dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.



“Program unggulan lain pun telah kita terapkan seperti URC Ambulan gratis, obat diantar ke rumah pasien dan lainnya,” tandasnya.



Diketahui, sederet management RSUDAY memaparkan berbagai program yang berhasil dicapai rumah sakit kebanggaan warga Kota Metro tersebut. Dalam kesempatan itu hadir pula Kabid Diklat RSUDAY Metro, Singgih Pramono, Ketua Komkordik, dr. Rully Satriawan, dan Subkoor Humas, Ns. Oktarina Handayani.


 


Pewarta : S M

Komentar Anda

Berita Terkini