Sebuah Candi di Temukan Warga Sukoreno di Tengah Pemakaman Punden

/ 2 November 2022 / 11/02/2022 03:20:00 PM

 

POLICEWATCH. NEWS, PASURUAN– Warga Dusun Candi Desa Sukerono, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan secara tidak sengaja menemukan tumpukan batu bata menyerupai sebuah candi di tempat pemakaman umum (TPU) pada saat acara kerja bakti pada hari Minggu Kemarin. (30/10/2022)



Warga mengatakan mulanya menemukan bangunan yang berbentuk candi tersebut awalnya secara tidak sengaja di saat mereka menggelar kerja bakti di area makam punden yang berada di Desanya.


“Saat kami kerja bakti, di lokasi makam punden ini rencananya akan kami diplester sampai rata biar kelihat rapi namun ada beberapa batu yang menonjol niatnya mau kami ambil dengan cara kami gali namun setelah kami gali lebih dalam ternyata ada tumpukan batu yang tertata rapi seperti susunan batu bata yang menyerupai sebuah candi,"ujar salah satu warga Dusun Candi. Rabu (02/11/2022)



Setelah kami gali lebih dalam dan lebih luas rasa penasaran terjawab sudah, kami menemukan beberapa batu yang berbentuk patung kepala sebanyak tiga buah dan bagian badan.



“Ada tiga batu berbentuk kepala dewa, dan satu batu juga berbentuk badan dewa dan batu tersebut sudah kami amankan biar tidak hilang dicuri,” imbuh salah satu warga.




Hingga saat ini belum ada kalarifikasi resmi dari hasil penemuan warga tersebut baik dari Dinas Cagar Budaya Jatim atau belum bisa di pastikan candi tersebut dari peninggalan kerajaan Majapahit atau peninggalan kerajaan Singgosari mengingat Desa Sukoreno berada di Kabupaten Pasuruan di mana letaknya di tengah-tengah kedua kerajaan tersebut. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini