PN Banyuwangi Mempersiapkan Konstatering Besi Pipa Exs freeport di Lokasi PT HCML Ketapang

/ 13 Maret 2023 / 3/13/2023 11:58:00 AM

 




POLICEWATCH.NEWS, BANYUWANGI- Permasalahan barang atau limbah exs PT. Freeport Indonesia Papua yang selama ini menjadi permasalahan yang belum terselesaikan, mengacu pada keputusan Pengadilan Negeri Cibinong no.031 THN 2017 mengenai besi atau pipa exs Freeport, yang isinya menghibahkan kepada masyarakat sekitar yang terdampak oleh limbah dari PT .Freeport, Untuk masyarakat di lingkungan yang terdampak oleh limbah PT Freeport.

"Pihak PT Freeport menghibahkan pipa besi yang tidak terpakai untuk di serahkan kepada masyarakat sekitar.

Sementara itu menurut Beliher Situmorang SH. Pada THN 2014 di lakukan hibah. barang limbah tersebut di bawa oleh orang-orang yang tidak berkepentingan dan tidak bertanggung jawab untuk di perjual belikan ke daerah Jawa, Kalimantan dan Sumatra termasuk barang tersebut berada sekarang di Banyuwangi Ketapang.

"PT. Cakra yang menerima kuasa dari masyarakat lima Daskam atau masyarakat suku kamoro, pihak dari pemohon atau yang berperkara sebagai legal masyarakat lima Daskam, kampung yg berada di sana. Serta mengacu pada keputusan pengadilan untuk mencari barang tersebut, satunya terindikasi berada di Banyuwangi,"ujarnya. Senin (13/03/2023)


Masih menurut Beliher Situmorang S.H, dalam hal sengketa ini PT. Cakra tidak lagi berhubungan degan pihak penjual terdahulu ,tetapi barang yang di sengketakan di duga berada di sini ( Banyuwangi) dalam keputusan tersebut

"Degan Adaya keputusan pengadilan, pihak PT. Cakra dalam hal ini masih menghormati proses hukum di mana keputusan tersebut sudah merupakan keputusan ingkra,tetapi sebelum melakukan eksekusi yang di duga barang tersebut berada di wilayah Ketapang ,di lakukan konstatering.

Apakah itu barang yang benar-benar menjadi barang yang di cari. Dalam investigasi tersebut juga di hadiri dari pihak pengadilan Negeri Kabupaten Banyuwangi, pihak Kejaksaan,serta pihak kepolisian khususnya Polresta Banyuwangi dan pihak TNI dan instansi terkait turut serta dalam pegecekan di tempat tersebut,"terangnya. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini