Sempat Hilang..!! Hibah Besi Dari PT. Freeport Untuk Masyarakat Adat Suku Komoro Ditemukan di Kabupaten Pasuruan

/ 2 Agustus 2023 / 8/02/2023 05:53:00 PM

 




POLICEWATCH. NEWS, PASURUAN- Hibah pipa besi dan mesin pertambangan yang diberikan PT. FREEPORT untuk masyarakat adat suku Kamoro, (Papua) yang selama ini berpindah tangan atau diduga kuat dicuri, kini  berhasil ditemukan di sebuah gudang di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa timur. Rabu (02/08/2023)

Didampingi kuasa hukumnya, perwakilan suku Kamoro mengatakan, pipa besi dan mesin pertambangan yang dihibahkan PT. FREEPORT ini milik kami, untuk kesejahtraan masyarakat dari lima kampung dan sampai detik ini kami belum merasakanya.

"Pipa besi sisa pertambangan dan peralatan pertambangan yang ada di sini merupakan milik kami. Kita punya bukti surat hibah dari PT Freeport,"ujar, Polikarpus Owemena salah satu perwakilan suku adat Komoro.

Ia juga mengatakan, masyarakat adat mendapatkan besi-besi ini totalnya 15 ribu ton besi per tahun, ternyata dicuri dan disembunyikan ke sini. Penemuan barang ini setelah pengecekan ini dilakukan berdasar putusan hukum dari Pengadilan Negeri (PN) Cibinong yang telah dimenangkannya secara inkrah bersama Lemasko pada tahun 2017. “Saat akan dilakukan eksekusi sesuai putusan inkrah PN Cibinong, barang-barangnya sudah tidak ada. Sehingga kami investigasi ke sini,” ujarnya.


Ditempat yang sama Fanny Elke Matindas, selaku pengacara warga adat suku Kamoro, mengatakan, sebelum kami menemukan  tumpukan pipa besi disini, pipa-pipa besi dan peralatan pertambangan tersebut mulanya berada di wilayah Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo dan sekarang pindah di salah satu gudang di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

“Harapan kami, pipa-pipa tersebut di berikan kepada mereka yang punya hak. Kami mempunyai bukti kuat berupa surat hibah dari PT. Freeport dan Putusan pengadilan Cibinong untuk mengeksekusi barang tersebut dan bersifat Ingkrah, Jangan ditahan, karena ini hak mereka, hak masyarakat adat Suku Komoro Papua," tegasnya. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini