TNI Netral, Kodim 1620/Loteng Inisiasi Deklarasi Damai Pemilu 2024

/ 8 November 2023 / 11/08/2023 11:49:00 AM


Policewatch-Lombok Tengah.

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari 2024, Kodim 1620/Loteng menginisiasi deklarasi damai bersama seluruh Partai politik dan komponen bangsa se kabupaten Lombok Tengah. 

Dalam deklarasi damai tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah, TNI Polri, forkopimda Lombok Tengah, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, agama, Ormas dan peserta partai politik maupun Bawaslu dan KPU untuk bersama-sama mendeklarasikan komitmen mereka untuk menjalani proses pemilu secara damai. 

"Tujuannya kami melaksanakan kegiatan deklarasi ini adalah untuk menyampaikan pesan kami bahwa khususnya kami TNI maupun polri adalah netral, dengan harapan agar pemilu kedepan tahun 2024 berlagsung damai dan aman," ujar Dandim 

Menurutnya, kegiatan deklarasi pemilu damai dilaksanakan serentak di seluruh Kodam, Korem dan kodim di seluruh Indonesia sebagai inisiasi dalam langkah tahapan pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. 


"Kegiatan deklarasi ini diiinisiasi oleh pimpinan TNI melalui satuan bawah untuk melakukan deklarasi pemilu damai 2024 bersama seluruh peserta partai politik  di wilayah masing masing," ucap Dandim Rabu (8/11/2023). 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, para peserta partai politik secara bersama-sama menandatangani deklarasi damai yang berisi komitmen untuk menjalani pemilu dengan semangat yang sehat, sportif, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. 

Deklarasi Pemilu Damai yang digelar di Makodim 1620/Lombok Tengah ini diharapkan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam menjalani proses tahapan pemilu yang aman, damai, dan demokratis. 

Semua pihak diharapkan dapat bersatu untuk menciptakan pesta demokrasi yang aman, damai berjalan lancar tanpa gangguan yang dapat merusak perdamaian dan stabilitas wilayah," tandasnya.

Mn

Komentar Anda

Berita Terkini