FPD Aksi Demontrasi di Halaman Kantor Mendagri Copot Sekda Lahat

/ 17 Januari 2024 / 1/17/2024 02:52:00 PM

 


JAKARTA - POLICEWATCH.NEWS,- Sejumlah pemuda mengatasnamakan Forum Peduli Demokrasi melakukan aksi demonstrasi depan Kementerian Dalam Negeri, Jl Medan Merdeka Utara No. 7, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (17/1/2024).

Mereka mendesak menteri Tito Karnavian mencopot Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat Chandra karena diduga terlibat dalam politik praktis.

Dalam orasinya, Nopri Agustian menyampaikan, istri Chandra menjadi caleg DPRD Kab. Lahat sehingga diduga kuat akan menggunakan pengaruh suaminya dalam berkampanye. 

“Istri Chandra menjadi caleg DPRD Kabupaten Lahat, dapil 1 dengan jabatan Sekda maka Chandra diduga memanfaatkan pengaruhnya untuk memenangkan istrinya,” kata Nopri depan Kemendagri.

“Sedangkan sebagai ASN harus jaga netralitas di Pemilu 2024,” imbuhnya. 

Selain itu, Nopri menuturkan bahwa Chandra sebagai ASN telah melakukan pembangkangan terhadap SKB 5 Menteri tentang netralitas ASN pada Pemilu 2024.

“ASN itu semestinya wajib mengundurkan diri selama masa kampanye sesuai dengan SKB 5 Menteri namun sampai saat ini Chandra tidak mengundurkan diri. Jadi sangat jelas bahwa Chandra tidak mengindahkan SKB 5 Menteri tersebut,” ungkapnya.


Karena itu, Nopri meminta dengan tegas kepada Mendagri Tito Karnavian untuk mencopot Sekda Lahat. Nopri pun mengancam akan terus melakukan aksi demonstrasi sampai tuntutannya ditindak lanjuti. 

“Pak Tito harus berikan atensi, sangat berbahaya kalau ASN ikut terlibat politik praktis. Segera copot Sekda Lahat, kalau untutan kami tidak segera ditindak lanjuti, kami siap turun aksi berjilid-jilid,” tandasnya.

JURNALIS : BAMBANG MD

Komentar Anda

Berita Terkini