Banyumas "Miliki Banyak Potensi Wisata" Edukasi

/ Kamis, 19 Juli 2018 / 08.25

Reporter : Nyaman

 
Pengamat Pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru.
Purwokerto,Policewatch.news,- Kabupaten Banyumas, memiliki banyak potensi wisata edukasi sebagai alternatif destinasi yang dapat menarik minat wisatawan khususnya generasi muda, kata Pengamat Pariwisata Universitas Jenderal Soedirman Chusmeru.

"Banyumas ini memiliki banyak potensi wisata edukasi yang bisa terus dikembangkan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan," katanya di Purwokerto, Kamis 19 Juli 2018 
Wisata Batu raden

Dia mencontohkan, ada museum wayang, museum uang BRI, Monumen Panglima Besar Soedirman, Kota Lama Banyumas, Small World, Kebun Raya Baturraden, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, kata dia, para pihak terkait perlu terus mengembangkan destinasi wisata edukasi tersebut.

"Misalkan, informasi-informasi terkait nilai edukasi di objek-objek wisata tersebut perlu ditingkatkan, karena selama ini menurut saya masih kurang," katanya.

Dia mencontohkan, dibuat narasi yang bisa menginformasikan makna edukasi di setiap objek.

"Kalaupun tidak ada pemandu wisata di objek wisata tersebut, bisa dibuat narasi kecil yang bisa menginformasikan tentang makna edukasi di setiap objek," katanya.

Selain itu, kata dia, promosi terkait objek-objek wisata yang mengandung nilai edukasi bagi anak-anak juga perlu ditingkatkan.

"Termasuk even yang edukatif di objek-objek wisata tersebut juga perlu terus dilakukan. Tujuannya, selain menikmati objek dan mempelajari makna informatif objek tersebut, juga dapat menyaksikan even di objek tersebut seperti pentas seni, pameran, lomba kreativitas, dan lain sebagainya," Tuturnya.

Dia menjelaskan, wisata edukasi adalah konsep dan kegiatan yang memadukan unsur wisata atau rekreasi dan unsur muatan pendidikan atau edukasi.

"Wisata edukasi bisa dilakukan sebagai salah satu bentuk ekstrakulikuler sekolah maupun bagian dari rencana pembelajaran semester mulai dari SD hingga SMA bahkan perguruan tinggi,"pungkasnya
Komentar Anda

Berita Terkini