Timnas U-16 Indonesia "Raih Juara Piala AFF 2018" Setelah Taklukkan Thailand

/ 12 Agustus 2018 / 8/12/2018 06:14:00 AM
Reporter : irfan
Tim Nasional Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018

red,POLICEWATCH.NEWS,-Tim Nasional Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018. Skuad asuhan Fakhri Husaini berhasil mengalahkan Thailand dalam drama penalti dengan skor akhir 4-3 (1-1), Sabtu (11/8) malam WIB di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Ini adalah gelar perdana Indonesia di level U-16.

Jalannya Pertandingan
Peluang pertama bagi Indonesia diciptakan M Supriadi pada menit keempat. Namun sepakannya dari luar kotak penalti berhasil diamankan kiper Thailand, Anuchid Taweesri. Indonesia mendapatkan peluang emas lagi pada menit ke-14 berkat through pass Andre Oktaviansyah kepada Amiruddin Bagus Kahfi. Sayang, tendangan on target Bagus hanya membentur tiang gawang.

Indonesia bermain agresif, mendominasi penguasaan bola serta serangan pada 15 menit awal babak pertama. Sementara Thailand baru keluar menyerang selepas menit ke-17. Permainan cukup menarik karena kedua tim sama-sama memeragakan serangan terbuka. Supriadi sebenarnya mampu mencetak gol pada menit ke-29. Namun gol dianulir karena ia sudah terjebak offside.

Keputusan Fakhri Husaini memasukkan Fajar Fathur Rachman pada menit ke-17 berbuah hasil manis. Fajar membuat Indonesia unggul melalui golnya di menit ke-33. Fajar menaklukkan penjagaan Taweesri selepas menerima umpan jauh dari Andre Oktaviansyah. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda.

Thailand memperkuat lini tengahnya pada babak kedua. Mereka menurunkan dua gelandang kreatif, yakni Thiraphong Yangdi dan Punnawat Chote-Jirachaithon. Permainan Thailand lebih berkembang pada paruh kedua laga. Mereka berusaha keras untuk mencetak gol penyama kedudukan. Permainan agresif Thailand membuat Indonesia semakin kesulitan untuk mengembangkan serangan.

memasuki menit 65 dan 67, Indonesia dapat peluang lewat aksi Bagus Kahfi. Kans pertamanya hanya melebar di sisi kiri gawang. Sedangkan kesempatan keduanya mendarat tepat di pelukan kiper Taweesri. Supriadi juga menjajal peruntungannya pada menit ke-68. Namun lagi-lagi bola berhasil diamankan penjaga gawang Thailand.

Pemain yang baru masuk Hamsa Lestaluhu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-71. Namun bola bersarang di tangkapan penjaga gawang. Thailand kemudian mencetak gol penyeimbang lewat pemain pengganti, Apidet Janngam di menit ke-72. Janngam memaksimalkan kemelut dari umpan silang untuk menjebol gawang Indonesia.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai. Laga mau tak mau harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Adu Penalti
Kiper Ernando Ari Sutaryadi menjadi pahlawan Indonesia pada babak adu penalti. Ia membawa Indonesia memenangkan laga dengan skor 4-3.

Nando sukses menepis eksekutor kedua dan kelima Thailand, yakni Apidet Janngam serta Pongsakorn Innet. Sedangkan tiga penendang lainnya, yakni Thanarin Thumsen, Anucha Sodsri, dan Kittiphong Khetpara bisa menjalankan tugasnya sebagai algojo.

Sementara itu empat penendang Indonesia, yakni Sultan Zico, Amiruddin Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana sukses mencetak gol. Garuda Muda juara se-Asia Tenggara.

Gelar Pertama Indonesia dimana Kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand.
Sementara keempat algojo Indonesia mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Indonesia berhasil menang dengan skor 4-3. 

Ini adalah gelar pertama Indonesia di kompetisi ini sejak pertama kali digelar pada tahun 2002.


Komentar Anda

Berita Terkini