Gebyar Garut Selatan menyambut Kelahiran Kabupaten Garut Selatan

/ Minggu, 15 September 2019 / 21.24


puluhan ribu warga tumpah ruah menghadiri Gebyar Masyarakat Garut Selatan, di Lapang Kiara Kohok, Kecamatan Cikelet, Garut Jawa Barat. 

Garut , Policewatch,- DALAM rangka menyongsong hari lahirnya Garut Selatan (Garsel), puluhan ribu tumpah ruah menghadiri Gebyar Masyarakat Garut Selatan, di Lapang Kiara Kohok, Kecamatan Cikelet, Garut Jawa Barat. 
Acara tersebut selain di hadiri puluhan ribu masyarakat yang berada di Garut Selatan, hadir Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman dan legislator yang berasal dari Daerah Pemilihan Garut Selatan.

"Semoga dengan adanya Gebyar Masyarakat Garut Selatan, DOB bisa terwujud dan mendapatkan perhatian khusus dari Presiden RI, Joko Widodo, yang saat ini masih belum mencabut moratorium DOB," ujar salah satu warga Cibalong yg ga mau di sebut namanya, Minggu (15/9/2019).

Dikatakan Salasatu warga, masyarakat Garut Selatan yang terdiri dari beberapa Kecamatan, sudah menantikan untuk menjadi daerah otonomi baru. Yang mana ingin segera berpisah dari Kabupaten induk, yakni Kabupaten Garut. "Kalau sudah terjadi DOB, segala bentuk pelayanan masyarakat akan cepat serta perekonomian kan maju," ujarnya.

Salasatu warga menjelaskan, ada beberapa potensi daerah yang bisa menjadi salah satu pendapatan dalam menopang pemerintahan baru. Yang mana salah satunya sektor pariwisata.

"Pembanguanan insfratruktur akan cepat termasuk pelayanan kesehatan," cetusnya.

Sementara Anggota DPRD Garut dari Fraksi Golkar, Aris Munandar, mengatakan, dirinya sebagai asli warga Garut Selatan sangat mendukung proses DOB Garut Selatan untuk memisahkan diri dari Kabupaten Garut. 

"Kami anggota DPRD Garut, khususnya yang dari selatan sangat meng apresiasi serta mendukung terkait soal DOB, atau pemekaran Garut Selatan," ucapnya.

Adapun beberapa pertimbangan untuk memisahkan diri dari Kabupaten Garut, kata Aris, agar terjadi pemerataan hidup yang selama ini masih jauh di bandingkan dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Garut, agar pelayanan publik lebih dekat, misalnya soal pembuatan SIM, atau pembayaran pajak dan akte kelahiran, lebih tergali nya potensi alam khusus nya di bidang pariwisata.

"Insfratruktur penunjang yang ada di Garsel sudah siap karna beberapa penunjang lainnya sudah ada. Misal rumah sakit, universitas. Termasuk pada tahun 2020 mendatang Pemerintah Kabupaten Garut akan menganggarkan untuk pembangunan Pendopo yang menjadi pusat ibu kota Garut Selatan," katanya.

Ia juga bersama seluruh Anggota DPRD Garut yang berasal dari Garsel, sepakatuntuk mengawal lahirnya Kabupaten Garut Selatan sampai tuntas, serta siap koordinasi dengan para petinggi elit politik yang berada di Senayan. Karna kami yakin setiap partai ada yang mewakilinya di sana. " Kami sangat yakin elit politik yang ada di Senayan akan mendukung langkah lahirnya Kabupaten baru,"

Aris juga mengaku, selain elit politik yang ada di Senayan, Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi, akan ikut membantu dalam memperjuangkan DOB Garsel. Mengingat, mantan Bupati Purwakarta ini sekarang terpilih menjadi wakil rakyat yang duduk di Senayan.(Usep Ks-Dewi Kania)
Komentar Anda

Berita Terkini