POLICEWATCH

KEGIATAN KERJA BAKTI MASYARAKAT BERSAMA DENGAN ORMAS GARIS DALAM RANGKA PENGERUKAN ALIRAN IRIGASI CADAS GANTUNG

/ Minggu, 27 Oktober 2019 / 17.26
DOK : MPW


Garut-POLICEWATCH.News-Air Tak Mengalir ke Pesawahan Secara Normal, Warga Kp Caringin Desa Ciburuy Kab Garut Gotong Royong Memperbaiki Irigasi Secara Swadaya
Ratusan warga KP Caringin Desa Ciburuy, Kecamatan Bayongbong berjibaku mengeruk sedimentasi tanah dan sampah di aliran irigasi Cadas Gantung di desa Ciburuy, Saptu(26/10/2019)

Pengerukan sedimentasi tersebut bertujuan agar aliran air di irigasi bisa mengalir lancar ke areal pesawahan warga yang kini terdampak kekeringan akibat musim kemarau.
Aceng Bakur(35) Salasatu Tokoh  setempat mengatakan, kondisi irigasi  memang sudah memburuk. Terlebih, sudah lama aliran irigasi tersebut tidak terawat dan mendapatkan normalisasi.
Akibatnya, selain berdampak pada pengairan sawah warga, juga Takut menyebabkan banjir saat musim penghujan tiba.

“Sudah lama sekali tidak dilakukan pengerukan (normalisasi). Sedimentasinya cukup tinggi. Kalau musim hujan di kampung sini Takut banjir,” kata dia dilokasi pengerukan.
Menurut dia, pengerukan sedimentasi dilakukan secara swadaya dengan dibantu oleh anggota ORMAS GARIS Garut  dan, Sebelumnya, ia sempat mengusulkan adanya normalisasi irigasi kepada beberapa tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah usulan direspon. cita-cita warga disini untuk pengerukan irigasi bisa terlaksana,” katanya.

Sementara itu, Aceng bakur  menilai jika aliran irigasi Cadas Gantung terawat secara khusus Insyaalloh Akan memberi manfaat kpd Warga tapi kalau tidak terawat dengan baik. Perawatan irigasi Cadas Gantung, kata dia,Akan Membawa Buruk kpd Warga khususnya desa ci buruy  lansung, karena tanggung jawab Tokoh Setempat Sangat Besar untuk Warganya . Tapi setelah kami berembug dan berkoordinasi dengan warga,  sepakat melakukan pengerukan secara swadaya. Ini swadaya murni membantu Tujuan untuk Kemanfaatan warga semuanya katanya.(Asep-Dasep leman)
Komentar Anda

Berita Terkini