Mulai Hari Ini, Jalan Tol Seksi Singosari - Pakis Dioperasikan Gratis

/ 1 November 2019 / 11/01/2019 03:16:00 PM
DOK :MPW


MALANG RAYA - JATIM, POLICEWATCH - Mulai hari ini, Jumat ( 1/11/2019) jalan tol pandaan malang seksi 4 (Singosari - Pakis) secara resmi mulai di buka.  Dan juga sebelumnya telah diresmikan Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 1-3 (Pandaan-Singosari) pada tanggal 13 Mei 2019 lalu oleh Presiden Republik Indonesia.

Sehingga pengoperasian ruas seksi 4 ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis).

Namun saat ini, dengan beroperasinya ruas tol sepaniang 4,75 km untuk sementara dioperasikan tanpa tarif (Rp 0,-) dalam rangka memberikan sosialisasi lebih optimal kepada masyarakat khususnya pengguna jalan..

Dan untuk tarif tol tersbut rencananya akan diberlakukan tarif tol pada Kamis, 7 November 2019 sekitar pukul 00.00 WIB dengan besaran tarif tol sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang. 

Oleh karena itu, pengguna jalan dari wilayah pandaan yang masuk tol keluar Gerbang Tol (GT) pakis akan tetap membayar tarif tol asal Gerbang Tol (GT) Singosari dan begittu juga akan berlaku arah sebaliknya, kendaraan yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari. Dengan kata lain, pengguna Jalan Asal dan Tujuan GT Pakis, saat ini dikenakan tarif sama dengan Asal dan Tujuan GT Singosari.

Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km ini telah selesai pada 16 Oktober 2019 ditandai dengan diterbitkannya *Sertifikat Laik Operasi Nomor PB 0201-Db/986* dari Direktorat Jenderal Bina Marga  dan telah digunakan sebagai jalan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik selama libur Lebaran tahun 2019.

Dengan beroperasinya seksi 4, maka saat ini Jalan Tol Pandaan-Malang telah mengoperasikan 35,375 km dari total 38,488 km panjang jalan tol. Sedangkan, untuk seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 km masih dalam tahap konstruksi. 

Saat ini, pengguna jalan dari Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui Gerbang Tol Pakis. Dengan demikian kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani menjadi berkurang. Demikian pula untuk pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis.

Untuk monitor kondisi lalin jalan tol terkini, pengguna jalan dapat mengakses kanal informasi resmi milik JTT, yaitu:
- Call Center 24 jam: 14080
- Instagram @official.jasamargatransjawatol 

Hal tersebut diatas disampaikan pihak PT Jasamarga Transjawa Tol, dalam pres releasnya tanggal 31 Oktober 2019. 
Komentar Anda

Berita Terkini