Ade Kaca Sambangi Korban Bencana Garut Selatan, Berharap Pemda Koordinasi Dengan Pemprov Jabar

/ 27 Desember 2020 / 12/27/2020 02:33:00 PM
 
GARUT,POLICEWATCH.NEWS - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat asal Dapil XIV, Ade Kaca SE, meninjau lokasi tanah longsor di Tebing Gunung Pipiti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Longsor terjadi Kamis pekan lalu. 

Dalam kesempatan kunjungannya, Ade Kaca SE menyampaikan rasa duka yang mendalam atas terjadinya bencana. 

Ade Kaca juga meminta para korban supaya tabah dalam menghadapi ujian.

“Semoga warga masyarakat di sini selalu diberi kesabaran dan ketabahan serta selalu dalam lindungan Allah yang Maha Kuasa,” ungkap Ade Kaca.

Dikatakan, setelah menempuh perjalanan 6 jam dari Garut sampai ke desa Ciroyom, akhirnya Ade Kaca dapat melangsungkan pertemuan dengan warga sekaligus memberikan bantuan sembako.
“Alhamdulillah 2 hari ini saya berada di lokasi meski dengan menempuh perjalanan selama 6 jam dari Garut. Kami berangkat ba'da subuh. Rasa lelah dan cape menempuh jarak ratusan kilo meter terobati dengan sampainya di tempat yang saya tuju dan bertemu langsung dengan warga,” tutur Ade Kaca. Minggu (27/12/2020)

Saat tiba di tujuan, di posko bencana, lanjut Ade Kaca, dirinya diterima oleh kepala posko bencana yang dengan segera memperlihatkan beberapa dokumen terkait bencana tersebut.

“Saya diterima oleh kepala posko bencana, kemudian dia memandu saya sambil memperlihatkan beberapa dokumen terkait bencana tersebut," terang Ade Kaca. 

Diakui Ade Kaca, sebagai putra daerah Garut Selatan, dirinya merasa terharu mengetahui kejadian musibah tersebut. 

Diharapkan Ade Kaca, bencana serupa tidak terulang kembali di Kecamatan Cisewu, dan peristiwa tersebut menjadi bahan instropeksi bagi semua pihak sehingga dapat lebih menjaga dan peduli terhadap alam, menjaga serta lestarikannya.

 “Semoga bencana ini yang terakhir kali di Kecamatan Cisewu, dan semoga ujian ini, khususnya bagi warga Kecamatan Cisewu, Desa Ciroyom dan Kecamatan Cikelet menjadi bahan intropeksi diri. Kita semuanya menjadi sadar, betapa pentingnya kita menjaga kelestarian hutan di daerah kita secara arif dan bijaksana," papar Ade Kaca. 

Terkait peristiwa bencana tersebut, Ade Kaca mengimbau, Pemda Garut agar berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk menangani daerah rawan bencana dalam upaya mencari solusi untuk tidak terulang lagi bencana, juga jangan sampai terdapat lagi alih pungsi lahan, dari hutan menjadi lahan pertanian.

“Saya berharap kepada Pemda Garut segera melakukan langkah langkah kongkrit untuk menyelamatkan warga agar masyrakat mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam aktivitas sehari-hari. Saya juga berharap Pemda Garut harus melakukan kordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, guna mencari solusi yang tepat untuk menangani prihal bencana ini," tutur Ade Kaca. 

Terakhir ditegaskan Ade Kaca, pihaknya tegaskan akan selalu mendorong agar Pemda Garut memiliki keselarasan dengan Pemprov Jabar. 

“Saya sebagai putra daerah akan selalu mendorong agar Pemda Garut dan Pemprov Jawa Barat bisa selaras dalam mengambil setiap kebijakan untuk kebaikan semua warga,” pungkas Ade Kaca. 

Pewarta : Dera
Komentar Anda

Berita Terkini