Refleksi Akhir Tahun 2020 : Mengintip Perjuangan Talimudin Rumaratu dan Gerakan Pemuda Islam Maluku.

/ 30 Desember 2020 / 12/30/2020 05:16:00 PM

 

Talimudin Rumaratu

MALUKU,POLICEWATC.NEW,- Tak terasa waktu berlalu begitu cepat, tahun 2020 akan berganti kembali. Apa semangat resolusi kita di tahun yang baru merefleksi pandangan Pemuda dan Gerakan Pemuda Islam di Maluku hal ini disampaikan Talimudin Rumaratu kepada Wartawan Police Watch di Ambon, pada Rabu, (30/12/2020).

Puncak pergantian tahun, merefleksikan satu tahun yang kita lewati bersama menjadi semacam kebutuhan. Mengintip kembali hari, pekan, bulan yang ada di belakan sambil mengingat-ingat apa sudah diperbuat, capaian apa yang paling membanggakan, prestasi apa yang ditorehkan untuk bangsa dan negara.

Redupnya peran pemuda islam tak lepas oleh pengaruh global. Tentunya Singa - singa umat seperti mulai ompong. Tak bisa lagi menggigit bahkan narasi - narasi perlawanan mulai tak terdengar. Kritikan tajam tidak seperti biasa membanjiri kolom pembaca media cetak dan online.

Semangat hadirnya kembali Gerakan Pemuda Islam ( GPI ) sebagai Ruh pergerakan Pemuda di Maluku. upaya ini secara sadar mengembalikan pemuda pada tanggung jawabnya yaitu perjuangan Amar Ma'ruf Nahi Munkar.

Talimudin Memilih GPI sebagai wadah bernaung Pemuda bisa di lihat dari arti dan maksud dari nama Gerakan Pemuda Islam.

Gerakan, karena sifatnya yang akan selalu bergerak dan bermetamorfosa menuju kearah perbaikan dan kemajuan sesuai dengan sifat pemuda yang dinamis, lincah, cekatan, siap berkorban, dan tidak lamban.

Pemuda, karena organisasi ini didirikan dan dibentuk untuk menjadi tempat serta wadah bernaung bagi para pemuda sebagai bunga bangsa.

Islam, karena untuk menjadi tempat serta wadah bernaung bagi para pemuda Islam, yang siap berjuang dengan azas dan dasar ke-Islam-an, dalam mencari ridho Allah dan ikut mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu, perlu kesadaran permanen mengembalikan cita - cita luhur pendiri terdahulu. Saat ini masih berbenah, semoga di tahun baru 2021 nanti Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Maluku sudah ada perwakilan baik Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku tuturnya.

Kami masih berumur jagung, namun saya tetap menyemangati teman - teman Pimpinan Daerah bahwa tidak ada mudah dalam perjuangan umat. Butuh keseriusan dan keikhlasan dalam berorganisasi. GPI menjadi terdepan menyikapi persoalan umat islam baik Kota Ambo sebagai sentral isu dan Kabupaten Kota lainya. 

Rumaratu yakin Gerakan Pemuda Islam menjadi rumah pemuda Islam. Jika kita bersatu akan semakin kuat, lemah apabila bercerai - berai maka kita tidak di hitung, tandasnya. 

 Reporter: (A*P)
Komentar Anda

Berita Terkini