Warga di Gemparkan Adanya Penemuan Struktur Susunan Batu Bata Kuno

/ 26 Desember 2020 / 12/26/2020 07:39:00 PM

POLICEWATCH. NEWS. PASURUAN–Struktur batu bata kuno di temukan salah seorang  warga Dusun Blimbing, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Tak ayal dengan penemuan tersebut warga berbondong-bondong untuk melihatnya, struktur batu bata kuno dugaan sementara bagian dari peninggalan sejarah.

H. Atim kepala Dusun Blimbing Desa Bulusari. Kecamatan Gempol. Kabupaten Pasuruan saat di mintai keteranganya membenarkan salah satu warganya yang menemukan struktur susunan batu bata kuno yang di perkirakan bekas jaman kerajaan, Jumat (25/12/2020)

"Struktur susunan batu bata kuno yang di temukan warga di area pesawahan tampak utuh dengan lubang di tengah memanjang kita tidak tau persis itu bekas Candi atau Stupa di jaman dulu kala. dengan penemuan itu saya langsung berkoordinasi dengan perwakilan BPCB Kabupaten Pasuruan ,  "ujarnya.
Perwakilan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kabupaten Pasuruan Pawiji menyampaikan “temuan struktur tatakan bata kuno di Dusun Bulusari ini dugaan sementara adalah peninggalan sejarah dan cagar budaya jaman kerajaan, nanti kita teliti lebih lanjut ini bekas Candi atau Stupa ataupun yang lainya, ” ujar Pawiji.

“Memang Negara kita bekas Kerajaan-kerajaan, kita harus bangga akan hal ini, berarti nenek moyang kita atau para leluhur kita terbukti sudah bisa membangun bangunan yang tertata rapi.

“Lebih lanjut Pawiji juga mengatakan dengan di temukannya struktur batu bata kuno oleh warga dirinya  akan berkoordinasikan dengan BPCB Trowulan untuk segera dilakukan eskavasi dengan penemuan tersebut. 

Repoter : Dor
Komentar Anda

Berita Terkini