Kegigihan Cang Oting Mendirikan Padepokan Silsilah (Silat Kita Silaturahmi)

/ 4 Januari 2021 / 1/04/2021 08:39:00 PM

 




BEKASI:POLICEWATCHNEWS,-  Banyak aliran pencak silat yang sudah tersebar diberbagai wilayah dari sabang sampai Marauke, dari tingkat Nasional bahkan Internasional, dari berbagai macam aliran dan juga berbagai macam padepokan.

Padepokan silat Silsilah salah satu padepokan yang sudah berdiri kurang lebih 06 bulan yang diketuai oleh anak betawi asli yang tinggal di Kp, Wates, RT 001/RW 009, Ds. Sarimukti, Kecamatan Cibitung, dia bernama “ cang Oting, dia adalah ketua sekaligus pendiri padepokan yang dikenal dengan nama padepokan SILSILAH (Silat Kita Silaturahmi). 

Sungguh unik kalau kita dengar namanya SILSILAH (Silat Kita Silaturahmi) kenapa bisa dikenal dengan padepokan Silsilah, menurut pengakuan dari cang Oting setelah di wawancarai oleh awak media Policewatch bahwa bukan sekedar nama semua itu ada sejarahnya, “ujar cang Oting, Senin 04 Januari 2020

Kenapa dinamakan padepokan silat Silsilah. Awalnya dari sebuah mimpi yang dialami oleh cang Oting, pada waktu itu cang Oting terlelap dari tidur siangnya, selang waktu beberapa lama kemudian saya bermimpi bertemu dengan para leluhur silat padepokan Silsilah, kemudian dia mengatakan kepada saya dalam mimpinya agar meneruskan padepokan Silsilah kepada saya, “ujarnya.


Akhirnya dari awal mimpi itulah cang Oting berusaha semaksimal mungkin agar apa yang dialami dalam mimpinya dapat terealisasi & dapat ia jalankan dengan baik untuk dapat mendirikan padepokan silat Silsilah, karena ini adalah pesan dari para leleuhur, “ujar cang Oting.

Alhamdulialh dengan tekat dan kerja keras perjuangan cang Oting dengan rekan – rekan pengurus lainnya akhirnya padepokan silat Silsilah dapat didirikan dan sekarang sudah berjalan kurang lebih 06 bulan, “ujar cang Oting.

Lika – liku berdirinya padepokan silat Silsilah sangat saya rasakan, sangat butuh pengorbanan, baik tenaga pemikiran bahkan materi, itu semua tidak mematahkan semangat saya, berbagai macam cara akan saya tempuh insaya Allah akan saya lakukan demi membesarkan padepokan ini, “ujar Cang Oting.

Ada bermacam kegitan yang ada di padepokan silat Silsilah, kegiatan utama adalah pencak silat Betawi kemudian di iringi dengan kegiatan mengaji, ada juga kegiatan sosial lainnya yang sudah dijalankan salah satunya kegiatan soisal masyarakat, “ungkapnya

Namun yang menjadi kendala untuk saat ini di padepokan silat silsilah adalah fasilitas tempat yang kurang memadai di area latihan para murid. Halamannya masih belum tertata rapih, kemudian saung tempat istirahat masih banyak pembenahan dan yang paling penting kantor sekeretariat yang dilengkapi dengan ATK, semua itu memang sangat dibutuhkan.

Upaya dan langkah dan kerja keras untuk memutar otak sudah dijalankan oleh cang Oting agar padepokan silat Silsilah mendapat bantuan dari para donatur dan para tangan dermawan untuk memberikan bantuan berupa materi, jangan sampai fasilitas tempat untuk murid – murid berlatih di padepokan silat silsilah merasa tidak nyaman.

Bukan itu saja namun cang Oting sudah melayangkan proposal kepada aparatur pemerinatah Desa setempat terkhusus Kades Maimunah, yang mana sampai hari ini sudah hampir menginjak waktu 04 Bulan belum ada tanggapan dari Kadesnya.


Bahkan cang Oting sendiri sudah berkali – kali menanyakan terkait proposal yang sudah Kades Maimunah terima, namun jawabannya terkesan mengulur – ngulur waktu, sama sekali tidak ada respon positif dari Ibu Kades Ds. Sarimukti, “ujar Ketua Padepokan.

Cang Oting sendiri sangat berharap oleh Kades Maimunah agar proposal yang sudah saya layangkan dapat di respon dengan baik, karena menurut legal standing proposal yang saya ajukan sah dimata hukum.

Bahkan proposal yang sudah saya ajukan digunakan untuk kepentingan fasilitas belajar – mengajar yang ada di padepokan silsilah, tempat proses belajar – mengajar perlu ada perbaikan, bukan digunakan untuk kepentingan kantong pribadi saya, ‘ujar cang Oting.

Cang Oting meminta kepada Kades Maimunah agar dapat memberikan bantuan untuk fasilitas tempat & kantor sekretariat yang ada di Padepokan silat Silsilah, kata cang Oting setelah di wawancarai oleh awak media Policewatch di kantor sekretariat padepokan silat Silsilah.

Ini kan budaya betawi budaya yang wajib kita lestarikan jangan sampai budaya ini punah, kalau bukan kita orang betawi siapa yang akan melaestarikan budaya kesenian silat betawi, siapa yang akan melastarikan, “ucap cang Oting.

Seharusnya aparatur pemerintahan Desa setempat wajib dukung, karena ini kegiatan positif, kalau sudah bagus bahkan sudah ikut seminar didalam pertunjukan pencak silat tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat Nasional yang dikenal oleh publik pasti dari pemerintahan Desanya, “ungkap cang Oting.

Saya sebagai pendiri padepokan Silsilah sangat berharap terlebih dari aparatur pemerintahan Desa setempat agar proposal yang sudah Kades Sarimukti terima, harus memberikan jawaban pasti tidak mengulur – ngulur waktu, “ujar cang oting guru padepokan SILSILAH kepada Media Policewatch.

Pewarta: Amun / Jefry Gobang
Komentar Anda

Berita Terkini