BAMBANG LANG LANG BUANA RESES JARING ASPIRASI MASYARAKAT

/ 26 Februari 2021 / 2/26/2021 08:57:00 PM
Bambang Lang Lang Buana Reses Jaring Aspirasi Anggota DPRD Kabupaten Buru Dapil l



BURU, policewatch.news,- Bambang Lang Lang Buana Anggota DPRD Kabupaten Buru Jaring Aspirasi Masyarakat, dalam rangka Reses Anggota DPRD Kabuputen Buru Dapil l pada Penutupan Masa Sidang l Tahun Sidang 2020/2021, bertempat di Kantor Desa Batu Boy, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Kamis (25/02/2021)

Dalam kesempatan ini Lang Lang Buana menjelaslan dasar dari kegiatan harus terencana, hal ini merujuk pada Undang- Undang Nomor. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 1 Ayat (4), yang merupakan kewajiban setiap anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah.

"Masa reses ini semua anggota DPRD kembali kedapil masing-masing untuk mendengarkan masukan masyarakat. Kemudian hasil reses ini akan dituangkan dalam pokok pikiran anggota DPRD untuk masuk kedalam rencana kerja dan anggaran 2022 nanti. Yang kemudian pokok pikiran DPRD ini akan diintegrasikan kedalam postur rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD), hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 Tahun 2019 tentang SIPD". Jelas Ketua Fraksi PPP dalam sambutan reses tersebut.

Salah satu perwakilan Masyarakat menyamapaikan apresiasi dan terimakasih karena kegiatan reses ini diadakan terbuka dan melibatkan Pemerintahan Desa dan Masyarakat secara terbuka, dan ini merupkan kali pertama diselenggarakannya reses oleh anggota DPRD secara terbuka di Desa Batu Boy.

"Ucapan terimakasih dan apresiasi kami sampaikan, karena selama ini baru saat ini kali pertama reses di Desa Batu Boy diselenggarakan secara terbuka yang melibatkan  Pemerintah Desa dan Masyarakat. Karena yang lalu- lalu reses hanya dilakukan kediaman di tim-tim sukses saja". Ungkap perwakilan masyarakat tersebut mengawali usulannya.

Berdasarkan hasil pantauan www.policewatch.news di lokasi Reses, Kantor Desa Batu Boy beberapa usulan dan aspirasi masyarakat yang disampaikan diantaranya, Jalan Usaha Tani kurang lebih sepanjang 3 Kilo Meter, jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU), jalan dalam desa yg hanya 1,5 Meter agar bisa di perlebar menjadi 3 Meter, Pagar Mesjid sepanjang 150 meter, Gedung Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yang mulai retak pada bagian-bagian tertentu, fasilatas Olah Raga untuk Karang Taruna, penanggulangan banjir dengan normalisasi sungai karena telah terjadi pendangkalan sungai yang menyebabkan meluapnya air sungai di musim penghujan, serta program peningkatan ekonomi berupa pemberdayaan di bidang pertanian dan perikanan.
Bambang Lang Lang Buana Reses Jaring Aspirasi DPRD Kabupaten Buru Dapil l


Selain program di atas, ada yang di sampaikan terkait persoalan di Desa Batu Boy yaitu, genangan air bercampur lumpur di musim penghujan yang mengalir ke desa dan jalan raya, serta persoalan dua (2) Paket Proyek Air Bersih yang menurut masyarakat juga disampaikan saat reses, yang mana bukan proyek air bersih masuk desa tapi proyek pipa masuk desa karena sampai saat ini air bersih belum bisa dinikmati masyarakat.

Menanggapai persoalan di atas Anggota DPRD dapil l dari Fraksi PPP ini akan berupaya mengawal aspirasi masyarakat yang telah di usulkan untuk di bawa ke paripurna DPRD Kabupaten Buru, dan beberapa persoalan akan menjadi perhatian khusus atas temuan dua(2) Paket Proyek Air Bersih yang di sampaikan masyarakat.

"Hasil reses ini yang kemudian akan kami bawa ke paripurna DPRD Kabupaten Buru, usulan Bapak/Ibu telah saya terima dan akan saya dorong di paripurna mudah-mudahan apa yag menjadi harapan Bapak/Ibu dapat terakomodir, sementara terkait temuan dua Paket proyek  Air Bersih akan kami tanyakan, atau tidak menutup kemungkinan akan kami panggil Dinas Pekerjaan Umum selaku penyedia pekerjaan dan juga rekanan pelaksana proyeknya". Tegas Lang Lang Buana menanggapi penyampaian Masyarakat Desa Batu Boy.

Hasil pantauan www.policewatch.news di lokasi reses kegiatan berjalan aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan turut hadir pada kegiatan dimaksud diantaranya: Kepala Desa Batu Boy, Ketua BPD Batu Boy, Bhabinkamtibmas Batu Boy, Babinsa Batuboy, Tokoh Masyarkat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, serta Masyarakat Desa Batu Boy yang sempat hadir. 

Reporter: Aam Purnama

Komentar Anda

Berita Terkini