Lahar Dingin Yang Di Keluarkan Gunung Semeru, Sapu Mobil Warga

/ 9 Februari 2021 / 2/09/2021 11:26:00 AM


POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN - Gunung Semeru keluarkan lahar dingin menyapu dan menghanyutkan sebuah kendaraan roda empat di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Senin sore, (08/02/2021)

Seperti air bah, lahar dingin Semeru ini menggulung kendaraan yang tengah diparkir di tepi aliran lahar. Kejadian tersebut berhasil di rekam warga melalui video dan beredar di grup WhatsApp warga Lumajang, Senin petang ini.

M. Wawan Hadi, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapan siagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Senin petang mengatakan dan membenarkan kejadian lahar dingin tersebut yang menggulung kendaraan roda empat itu. "Pengemudinya dikabarkan selamat," kata Wawan Hadi.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang saat ini sedang turun ke lapangan untuk melakukan penilaian. "Tim turun ke lapangan untuk melakukan assesment," ujar Wawan.

Wawan juga mengatakan pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di dekat aliran lahar Semeru untuk selalu waspada. "Hujan deras yang terjadi di atas Semeru berpotensi menimbulkan bencana  berupa lahar dingin," kata dia.

Sementara itu Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) telah mengeluarkan rekomendasi salah satunya terkait lahar dingin, yakni mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk. (dor)

Komentar Anda

Berita Terkini