Ary Anggota DPRD Lahat Prihatin Langsung Turun Tangan Bersama Warga Perbaiki Jembatan Gantung Peninggalan Belanda

/ 1 Juli 2021 / 7/01/2021 02:01:00 PM

 

Laporan : Bambang MD



LAHAT-- POLICEWATCH.NEWS - Sosok Ary Anggota DPRD Lahat, ketua komisi ia juga Ketua DPD Partai Nasdem milik Surya Paloh ini, sesuai selogan Jembatan Restorasi perubahan, terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Ary selalu mendengar keluhan dari masyarakat dan langsung ditampung belum lama ini ia membuktikan kepeduliannya langsung turun ke lokasi bersama warga bergotong royong memperbaiki jembatan yang sudah tidak layak dilewati sebagai akses jalan menuju didua Desa Banjar Negara menuju Benteng , Kelurahan Pasar Bawah,Kecamatan Lahat Selatan.

Jembatan ini merupakan jembatan yang tertua, kondisnya memang butuh perbaikan, ujar " Ary kepada wartawan Selasa (29/6/2021)

Lebih lanjut Ary menjelaskan bahwa Bangunan bersejarah sepanjang 200 meter dan lebar 1,5 meter ini telah berdiri sejak jaman penjajahan belanda.

Dahulu jembatan ini adalah akses satu-satunya penyeberangan masyarakat dari delapan desa yang ada di Kecamatan Lahat selatan. Namun kondisinya kini sangat memprihatinkan, Lantai jembatan yang terbuat dari papan telah lapuk dan hilang termakan usia bahkan sudah tidak dapat di lewati ucapnya

Melihat kondisi jembatan yang penuh histori ini sudah tidak dapat di lalui lagi, warga Desa Banjar Negara berusaha memperbaiki sendiri jembatan gantung yang sempat menjadi urat nadi akses ekonomi masyarakat dengan cara swadaya. terang Ary, Amd Ketua Bidang Organisasi.

"Melihat kondisi tersebut, Partai Nasdem Kabupaten Lahat tidak membiarkan masyarakat berjuang sendirian untuk memperbaiki jembatan gantung yang mulai terlupakan setelah kehadiran Jembatan Benteng yang dibangun permanen sebagai Akses utama perputaran ekonomi masyarakat dari kecamatan Lahat selatan.

"Dalam kesempatan tersebut Ary, Amd juga menyampaikan bantuan Partai Nasdem Kabupaten Lahat untuk perbaikan jembatan gantung kepada masyarakat desa Banjar Negara melalui LSM Garuda.

Beliau juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa Partai Nasdem akan tetap memperjuangkan keberadaan Jembatan Gantung penghubung desa Banjar Negara Kecamatan Lahat selatan dan Kelurahan Pasar Baru kecamatan Lahat agar dapat tetap terpelihara dan menjadi situs sejarah kabupaten Lahat meski telah berdiri Jembatan Beton Lematang sebagai sarana transportasi masyarakat, kedepan partai Nasdem akan memperjuangkan agar perbaikan Jembatan Gantung desa Banjar Negara dapat dibiayai oleh belanja APBD Kabupaten Lahat ataupun Melalui Aspirasi Partai Nasdem Kabupaten Lahat.

"Ini adalah asset sejarah, sudah selayaknya untuk kita jaga dan pelihara agar kelak anak cucu kita dapat belajar keberadaan tempat bersejarah yang pernah ada di kabupaten Lahat. Saya Sedikit mengutip pesan bung Karno/sang Proklamator, "Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat Jasmerah" dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966. Terang Ary,

Komentar Anda

Berita Terkini