DARURAT... Ratusan Makam di TPU Desa Waetina Terancam Longsor, Masyarakat Minta Segera Dibangun Talud Penahan Tebing dan Normalisasi Sungai Waeapo.

/ 12 Juli 2021 / 7/12/2021 01:26:00 PM

 


WAETINA.POLICEWATCH.NEWS:

 Darurat, satu makaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Waetina, Kecamatan Waelata dipindahkan, dan ratusan pemakaman dilokasi tersebut terancam longsong akibat terjangan dan luapan arus Sungai Waeapo.

Hasil pantauan policewatc.news di Lokasi TPU Desa Waetina nampak Masyarakat Desa Waetina di dampingi Bhabinkamtibmas Desa Waetina Brigpol Agus Dwiyanto memindahkan Satu (1) Makam ketempat yang lebih aman, Senin (12/07/2021).


Selain satu makam yang dipindahkan ratusan makam masyarakat yang di kebumikan di TPU tersebut terancam longsong akibat diterjang arus Sungai Waeapo yang tinggal berjarak sekitar 2 meter dan terus terkikis oleh arus Sungai Waeapo, dan apabila tidak segera ditangani ratusan makam yang ada di TPU Desa Waetina terancam longsong akibat erosi diterjang arus dan luapan Sungai Waeapo.

Pejabat Kepala Desa Waetina, Nofianto saat dikonfirmasi policewatch.news 

menyampaikan bahwasanya Pemerintah Desa Waetina sudah berulang kali menyampaikan pengusulan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buru untuk melakukan nornalisasi Sungai Waeapo dan di bangun talud penahan tebing TPU, namun sampai saat ini belum juga ada normalisasi Sungai Waetina dan pembangunan talud penahan tebing.

"Kita Pemerintah Desa Waetina sudah berulang kali membuat proposal terkait normalisasi Sungai dan pembanguan talud penahan tebing dari masa Pemerintahan Kepala Desa yang Definitif diusulkan ke Pemerintah Daerah, bahkan kemudian dilanjutkan lagi yahun 2019 mengajukan proposal lagi oleh Penjabat Kepala Desa, yang mana mengusulkan Proposal ke Pemerintah Daerah lagi terkait Normalisasi Sungai, akan tetapi belum terealisasi, sehingga menyebabkan kondisi makam semakin memprihatinkan akibat diterjang Erosi Luapan Sungai Waeapo", Ungkap Nofianto.

Dalam kesempatan ini pula Pejabat Kepala Desa Waetina beserta Masyarakat Desa Waetina secara kolektif berharap kepada Pemerintah Kabupaten Buru dalam hal ini Bupati Buru dan 25 Anggota DPRD Kabupaten Buru agar segera dilakukan pembangunan talud penahan tebing dan normalisasi Sungai Waeapo untuk menyelamatakan TPU Desa Waetina luapan air Sungai Waeapo 

"Kami masyarakat Desa Waetina secara kolektif berharap kepada Bupati Buru dan 25 anggota DPRD Kabupaten Buru agar sekiranya segera mengambil tindakan penyelamatan makam keluarga kami di TPU Desa Waetina yang terancam oleh arus dan luapan sungai Waeapo", harap Novianto mewakili Masyarakat Desa Waetina. 

Reporter: Aam Purnama

Komentar Anda

Berita Terkini