Lembaga Swadaya "LIRA" Akan Kawal Ketat Bantuan Penyaluran Beras CBP BULOG Agar Tepat Sasaran Khususnya Wilayah Lombok Tengah

/ 22 Juli 2021 / 7/22/2021 06:06:00 AM

 


POLICEWATCH-Lombok Tengah

 Lumbung Informasi Rakyat (LIRA)bersama semua anggotanya, akan ambil peran untuk  mengawal ketat bantuan beras yang akan disalurkan  oleh pemerintah  kepada masyarakat  agar tepat sasaran dan tepat jumlahnya disemua wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Salah satu Dewan Pakar LSM LIRA"yang sering  disapa "Ojik"saat Konfrensi pers memaparkan akan hadir mengambil peran mendampingi sekaligus mengawal penyaluran bantuan beras yang akan di salurkan Bulog agar tepat sasaran.terutama diwilayah Kabupaten Lombok Tengah 21/07/2021.

Mengingat arahan Presiden tanggal 16 Juli terkait penanganan bencana melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Bulog bagi keluarga penerima manfaat pemerintah akan menggulirkan program bantuan tersebut untuk perlindungan sosial bagi masyarakat selama PPKM diterapkan.tambahnya.



LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) akan melakukan pengawasan atas bantuan sosial berastersebut untuk memastikan ketepatan jumlah, ketepatan sasaran, ketepatan waktu dan ketepatan kwalitas,agar tidak ada celah bagi oknum oknum yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan paparnya.

Menurut"Ojik" Pemerintah akan segera menyalurkan bantuan sosial dan salah satu sasarannya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan menerima tambahan beras sebanyak 10 kg (kilogram).
Bulog akan menyalurkan beras 10 kilogram untuk setiap penerima bantuan sosial tunai (BST) dan program keluarga harapan (PKH), “sementara data penerima BST dan PKH akan kami konfirmasi ke Bulog atau ke Dinas Sosial dan disalurkan beras itu sesuai perintah Presiden Jokowi,” katanya

Dalam rapat terbatas tersebut petinggi LIRA langsung menginstruksikan anggotanya membagi team untuk turun langsung mendampingi dan mengawal penyaluran bansos tunai (BST), dan bantuan sosial beras yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi  agar cepat dan tepat sasaran.

Ketua LSM LIRA Praya Kota "Samuil Hakim" mengatakan, tujuan pengawasan ini dilakukan untuk melihat hambatan penyaluran, ketepatan sasaran, ketepatan jumlah, ketepatan kualitas, dan ketepatan waktu, untuk mengoptimalkan tepat jumlah, tepat kualitas dan tepat jumlah serta waktu, saya akan menugaskan anggota untuk berkordinasi dengan Perum Perwakilan Bulog yang berada di wilayah Kelurahan Semayan Kecamatan Praya Loteng sekaligus mengecek kualitas sebelum tersalurkan kewarga penerima manfaat, katanya.
Kita akan terus dampingi dan kawal pemberian bansos yang rencana pelaksanaan dan pendistribusiannya dalam waktu dekat ini, ujarnya.

Senada dengan Ketua Lira "Arifin"(Sekcam Lira) menyampaikan menambahkan , akan turun mengawal di setiap titik pendistribusian, akan kami pantau secara langsung di lapangan agar penerima manfaat benar-benar menerima bantuan tersebut tepat kualitasnya, jika ada kualitas buruk maka akan berkordinasi dengan bulog untuk mengganti dengan kualitas yang lebih baik, terangnya.

Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan program dan kegiatan pemerintah telah akuntabel serta meminimalisir penyalahgunaan bantuan sosial. 

Selain itu, kegiatan pengawasan juga dilakukan untuk membantu pemerintah memastikan agar bansos sampai kepada masyarakat yang membutuhkan tandasnya."FR".

Komentar Anda

Berita Terkini