Petani Keluhkan Pipa Pembuangan Limbah PT. Satoria Aneka Industri Sumbat Saluran Irigasi

/ 28 Juli 2021 / 7/28/2021 04:48:00 PM

 


POLICEWATCH. NEWS, PASURUAN- Saluran pipa pembuangan limbah industri yang berdiameter kurang lebih 60 cm² dari PT. Satoria Aneka Industri yang beralamatkan di jalan Raya Kejayaan-Purwosari Km 16. Kecamatan Wonorejo Dikeluhkan para petani di perbatasan dua Desa dan menghubungangkan antara Desa Sambisirah dan Desa Pakijangan, Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan.


Salah satu petani Jagung yang identitasnya minta tidak di publikasikan mengatakan ke awak media sepanjang saluran air irigasi yang mengaliri sawah petani baik petani jagung maupun petani padi itu tertanam pipa dari PT. Satoria Aneka Industri, dulu pada saat pengerjaan pertama kali bilangnya ke para petani pipa sepanjang 1000 meter lebih dan berdiameter 60 cm² itu akan di tanam di bawah saluran air irigasi namun kenyataannya pipa tersebut hanya di taruh di saluran irigasi sehingga jikalau turun hujan air meluber ke mana-mana dan tanaman kami otomatis rusak, kami merugi karena jagung dan padi para petani akan rusak bila di terjang air,"ungkapnya. 


Kami sangat sayangkan dan kami kecewa ke manejemen PT. Satoria Aneka Industri yang dulunya pipa pembuangan limbahnya mau di tanam tapi kenyataannya hanya di taruh saja, ini akan menggangu dan menyumbat air yang mengalir ke sawah para petani, dan kami pernah melaporkan ke Pemdes Pakijangan namun sampai sekarang kurang lebih hampir lima tahun belum ada realisasinya.

Masih kata petani ia berharap PT.Satoria Aneka Industri segera menanam pipa pembuangan limbahnya agar petani tidak merugi di saat turun hujan.

Dilain tempat Kepala Desa Pakijangan Hartadi mengatakan saat di konfirmasi awak media tentang keluh kesah para petani, ia mengatakan pemasangan pipa di sepanjang saluran sungai yang menghubungkan dua Desa antara Desa Pakijangan dan Desa Sambisirah dirinya di saat itu belum menjabat sebagai kepala Desa Pakijangan namun dirinya membenarkan, beberapa petani sempat melaporkan ke pihak Desa dan pihak Desa sudah pernah melayangkan surat ke Kecamatan Wonorejo tentang keluh kesah petani adanya pipa yang menyumbat saluran irigasi,"ujarnya. Rabu (28/07/2021)


"Sudah pernah kami layangkan surat aduan ke Kantor Kecamatan Wonorejo sekitar tiga bulan yang lalu namun sampai detik ini kami belum menerima kabar dari pihak Kantor Kecamatan Wonorejo namun kami pernah menghubungi pihak manejemen PT.Satoria Aneka Industri mereka bilang ke kami tahun ini akan segera di pendam di dalam tanah.


Sementara itu awak media mencoba mengkonfirmasi pihak manejemen PT. Satoria Aneka Industri dengan menemui pihak HRD namun sayang pihak perusahaan belum bisa menemui tiem awak media dan LSM GMBI dengan alasan suruh buat surat resmi untuk di sampaikan ke pimpinan pusat PT. Satoria Aneka Industri,"ujar Scurity. (Dor)

Komentar Anda

Berita Terkini