Polri Bersama TNI Gelar Penyuluhan Kamtibmas Dalam Rangka TMMD ke-111

/ 8 Juli 2021 / 7/08/2021 09:19:00 PM

 


POLICEWATCH-Lombok Tengah (NTB).

Jajaran TNI,Polri ,menggelar penyuluhan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam rangka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 dengan tema 'TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri' pada Kamis (08/7) di Aula kantor desa Sintung kecamatan Pringgarata kabupaten Lombok Tengah.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Pasipersdim 1620/Loteng, Kapten Inf I Made Suardana, Pasiterdim 1620/Loteng, Kapten INF. A.A Gede Rai Budiana, Danramil 1620-09/Pringgarata Kapten INF. Syaiful, Kapolsek Pringgarata Iptu Derpin Hutabarat, SH, M.Hum, Kanit Binpolmas Sat. Binmas Polres Lombok Tengah Aipda Didi Ismayadi, Bhabinkamtibmas desa Sintung Bripka I Nengah Edi Marjadi Putra,, Babinsa Sintung Sertu Asmadi, Kepala desa Sintung, Herman, Kepala Dusun se-Desa Sintung dan BKD se- Desa Sintung.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan sarana kontak oleh Pasipersdim 1620/Loteng kepada Kepala Desa Sintung.

Dalam sambutannya, kepala desa Sintung, Herman berharap dengan adanya kegiatan Kamtibmas dalam Rangka TMMD ke-111 tahun 2021 Kodim 1620 / Lombok Tengah dengan Tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" masyarakat dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari guna terciptanya situasi yang kondusif.

Kapolsek Pringgarata, Iptu Derpin Hutabarat, SH, M.Hum, mengucapkan salam hormat dan terima kasih kepada Kepala Desa Sintung, Danramil Pringgarata beserta Jajaran, juga peserta yang hadir di acara Penyuluhan Kamtibmas Dalam Rangka TMMD ke-111 Tahun 2021 Kodim 1620 / Lombok Tengah dengan Tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri".

Selanjutnya, Kapolsek Pringgarata menjelaskan terkait Tugas Pokok dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, dalam hal ini Perangkat Desa maupun BKD yang ada di Desa untuk mendukung Aparatur Pemerintahan dalam hal Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

"Kami berharap agar seluruh Masyarakat dapat membantu Pemerintah serta berperan dalam Mempertahankan Negara. Kita harus taat kepada Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Agama," ajaknya.

Kapolsek Pringgarata juga menjelaskan terkait Restorative Justice / Keadilan Restoratif yakni Penyelesaian Perkara untuk bersama sama mencari penyelesaian yang adil.

"Dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat diharapkan adanya kerja sama yang baik antara TNI / POLRI, Kepala Desa, Kadus, BKD, Tokoh maupun Pihak yang terkait. Oleh karena itu mari kita bersinergi dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat," serunya.

Diakhir sambutannya, Kapolsek Pringgarata menyampaikan terkait Kasus serta Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Lombok Tengah yang mana harapannya agar seluruh lapisan Masyarakat dapat mematuhi apa yang menjadi Instruksi Pemeritah.

Sementara, Kanit Binpolmas Sat. Binmas Polres Lombok Tengah, Aipda Didi Ismayadi menjelaskan terkait Kamtibmas bahwa Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya bantuan maupun kerjasama dari seluruh pihak / lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu perlu kiranya membentuk sebuah Wadah / Forum Kemitraan Kepolisian Masyarakat untuk menyelesaikan Permasalahan Konflik Sosial ataupun Tindak Pidana Ringan," jelasnya.

Terkait dengan Lonjakan Kasus Covid-19 di Wilayah Lombok Tengah, tidak terlepas dari peran serta dari masyarakat sangat diharapkan untuk memutus penyebarannya.

"Capaian vaksinasi untuk Wilayah Lombok Tengah masih sangat jauh.

Dengan adanya lonjakan kasus tersebut yang terjadi saat ini adalah masyarakat berbondong bondong untuk divaksin namun yang menjadi kendala yakni stock Vaksin sangat terbatas," imbuhnya.

Dikatakan, setiap desa wajib membuat Posko PPKM Mikro dan wajib menyiapkan satu ruangan Isolasi. Upaya Pencegahan sejauh ini sudah dilakukan oleh TNI / POLRI serta Pol PP yang mana dalam hal ini yang dikedepankan adalah rekan rekan Pol PP untuk memberikan Tindakan / Saknsi.

Danramil 1620-09 / Pringgarata, menjelaskan terkait lokasi TMMD di wilayah kecamatan Pringgarata berlangsung di 2 (dua) lokasi yakni di Desa Sintung dan Desa Bilebante.

"Oleh karena itu terkait dengan Program TMMD yang ada di Dusun Lempenge Desa Sintung kami berharap agar Masyarakat dapat mendukung sepenuhnya," tutupnya."MN".

Komentar Anda

Berita Terkini