Lestarikan Biota Laut Kapolsek Pemenang Dampingi Pelepasan Tukik di Pantai Nipah

/ 25 Agustus 2021 / 8/25/2021 07:23:00 PM

 


POLICEWATCH-LOMBOK UTARA.

Lestarikan Biota Laut Kapolsek Pemenang Dampingi Pelepasan Tukik di Pantai Nipah upaya melestarikan Biota Laut dan Trumbu Karang di Pantai Nipah Khususnya dan seluruh pantai yang ada di Kawasan Lombok Utara umumnya, Kapolsek Pemenang AKP Evy Febrianti menghadiri dan mendampingi Pelepasan Tukik.

Kapolres Lombok Utara  (Lotara)  Polda NTB AKBP Feri Jaya Satriansyah, SH yang di wakili Oleh Kapolsek Pemenang AKP Evy Febriani menyampaikan kepada Media Ucapan dan rasa sukur yang sebesar besarnya atas terselenggaranya kegiatan tersebut, sebagai upaya melestarikan dan melindungi Biota laut, yang menjadi tanggung jawab semua pihak dan Masyarakat,  lebih lebih Polri, Jelasnya. 

Peresmian kolam pelestarian penyu "turtle conservation comunity Nipah" ( TCC Nipah) sebagai binaan program keanekaragaman hayati PT. Pertamina DPPU BIL.

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari ini Rabu tanggal 25 agustus 2021 sekitar pukul 09.00 Wita. Bertempat di pantai Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (Lotara).

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah 

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, S.H.,Komandan Lanud ZAM Kolonel Pnb. Khairun Aslam, Kepala Balai KSDA NTB Joko Iswanto, Kadis LHK provinsi NTB Ir. Madani Mukarrom, B.Sc.,

Kadis Kelautan Provinsi NTB, Kapolsek pemenang AKP Evy Nuke Maya Damayanti Febriyanti, Camat Pemenang Suhadman, S.Sos., Kades Malaka H. Akmaludin Ichwan., S.I.P, M.M., Kepala Dusun Nipah Zulkarnain, A.Md.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan Menyanyikan lagu Indonesia raya, Pembukaan, Laporan panitia, Sambutan-sambutan, Penandatanganan prasasti, Penyerahan pelakat, Pembagian hadiah lomba secara simbolis, Do'a dan terakhir penutup

Dalam pembacaan laporan kegiatan panitia dilakukan oleh Iwan serta Laporan oleh ketua TCC Nipah  Fikriludin.

Di lanjutkan dengan rangkaian sambutan dari kepala Balai KSDA NTB  Joko Iswanto.

Ia menyampaikan ucapan  Terima kasih dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ekosistem biota Laut, supaya terjaga dan menajdi warisan untuk anak cucu kita kelak.

Ada banyak ancaman yang di alami oleh spesies penyu, sperti perburuan, pengambilan telur, dan ancaman lainnya, maka dari itu untuk mencegah musnahnya penyu ini maka sy ucapkan banyak terima kasih kepada tim TCC Nipah sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar selalu mencintai ekosistem laut khususnya spesies penyu.

Selanjutnya kepala Operation head PT. Pertamina DPPU BIL Budi Purwanto, S.ST., mengucapkan banyak Trimakasi kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan tersebut dan mengatakan Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang KLU merupakan lokasi yang cukup indah dan cukup bagus untuk di jadikan lokasi pelepasan tukik penyu, dalam hal ini yang di lakukan oleh TCC Nipah.

Bupati Lombok Utara Bapak H. Djohan syamsu, S.H menyampaiakan ini merupakan bentuk pengabdian kita kepada bangsa dan negara dalam menjaga penyu penyu dan terumbu karang khusus nya di wilayah KLU dan Desa Malaka 

Dalam waktu ini, yang belum lama bencana yang kita alami tahun 2018  gempa bumi cukup membuat terpuruk, dan sampai saat ini masih tahap pembangunan.

Dan kita mengalami musibah lagi yaitu virus Corona 19 yang menyebabkan kelumpuhan terhadap berbagai sisi khususnya sisi ekonomi.

Maka dari itu kita hendaknya harus banyak bersabar dan tetap mentaati protokol kesehatan yang telah di tentukan oleh pemerintah.

Tetapi sy yakin dan percaya sudah pasti tetap semangat dan kuat dan banyak inovasi dalam menjalani situasi ini. 

Dalam rangka menjaga habitat dan ekosistem biota Laut, maka melalui kegiatan pelepasliaran penyu sebanyak 150 ekor dan dilepas secara simbolik oleh bupati H. Djohan Sjamsu dan seluruh tamu undangan.

Dari hasil pantauan Media ini undangan yang hadir diperkirakan sebanya 50 orang, serta tetap mengacu pada Protokol Kesehatan."LS".

Komentar Anda

Berita Terkini