Anak Padi Sosialisasi Memasang Sticker Dampak Akibat " Fly Ash Dan Bottom Ash " Bahaya Bagi Kesehatan Manusia

/ 2 September 2021 / 9/02/2021 05:46:00 PM



Laporan Bambang.MD

LAHAT, policewatch.news Energi Batu bara untuk pembangkit listrik banyak sekali menimbulkan permasalahan dari pengambilan, pengolahan dan pembakaran batu bara. penggunaan Batu bara tentunya tak lepas dari permasalahan lingkungan,batu bara diproduksi dengan cara tambang terbuka dan tertutup.salah satu contoh saat ini dikabupaten Lahat pengambilan Batu bara dilakukan dengan cara tambang terbuka yang membabat hutan untuk menggali batu bara.proses produksinya juga bisa menyebabkan pencemaran air, udara dan tanah. 

masyarakat yang berada di lingkar tambanglah yang paling merasakan permasalahan dari menurunya kualitas lingkungan dari dampak pengambilan batu bara. Ujar Sahwan Ketua Anak Padi kepada wartawan Kamis (2/9)

Bukan  hanya adanya tambang batubara dikabupaten Lahat juga ada dua pembangkit listrik berbahan bakar batu bara yaitu PLTU Keban Agung Desa kebur dan PLTU Banjar sari yang ada di Desa Gunung Kembang.tak banyak warga sekitar pembangkit listrik batu bara Keban Agung dan pembangkit listrik batu bara Banjar sari mengetahui bahaya dari kandungan sisa pembakaran batubara fly ash dan bottom ash(FABA).


Sekelompok pemuda yang yang tergabung dalam Relawan Anak padi melakukan sosialisasi dengan cara memasang stiker dirumah dan tempat keramaian yang ada didesa sekitar PLTU Keban Agung dengan tujuan menambah pengetahuan warga, bagaimana jika sering terpapar fly ash dan bottom ash serta dampak terhadap kesehatan.


Reza Relawan Anak padi yang mengikuti kegiatan ini menyampaikan bahwasanya dengan melakukan sosialisasi diharapkan masyarakat mengetahui bahwa bahaya terpapar fly ash bisa menyebabkan ganguan kesehatan terutama ISPA,bisa juga jantung,liver dan ganguan pertumbuhan janin.Reza juga mengaharapkan kepada pemuda dan masyarakat dapat mendukung dalam kegiatan anak padi dan bersama- sama menyelamatkan lingkungan hidup dari kerusakan ekologi.dikarena jika lingkungan yang tercemar dan menyebabkan kesehatan terganggu maka biaya untuk berobat akan kita tanggung sendiri.


Saat melakukan kegiatan warga juga baru tahu kalau bahaya terpapar  fly ash bisa menyebabkan berbagai macam penyakit dan mendukung Relawan untuk melakukan kegiatan lanjutan yang bermanfaat bagi warga

Komentar Anda

Berita Terkini