AJANG GASSTRACK PIALA BUPATI JEPARA DI SIRKUIT DIAN RAKASIMA KELAPA PARK PAKIS AJI DIIKUTI PEMBALAP SE- JAWA DAN BALI

/ 21 November 2021 / 11/21/2021 10:08:00 AM


JEPARA POLICEWATCH.NEWS– Sirkuit Balap di kawasan wisata Kelapa Park , Pakis Aji milik Perusda Aneka Usaha Jepara, pada hari Sabtu, 20 November 2021, mulai pagi hari hingga sore hari, berlangsung  sesi Warm-Up Practice (WUP) tidak resmi jelang ajang Kejurda Grasstrack  Motocross 2021 Piala Bupati Jepara.

Sirkuit Pakis Aji digunakan untuk kejuaraan  balap motor dengan menggunakan motor jenis Grasstrack dan Motocross yang diadakan di trek non aspal yang sulit dan penuh tantangan, dibuat dengan menggunakan bahan – bahan dari tanah.

Di tenda-tenda paddock di area sekitar sirkuit, tampak kru, mekanik dan pembalap, melakukan proses set up dan  tune up motor tunggangannya untuk mencari settingan mesin yang pas, sebelum pembalapnya terjun di gelaran Kejurda Grasstrack dan Motocross Piala Bupati Jepara 2021.


Tampak beberapa crosser melakukan Long Run atau simulasi balapan beberapa lap mengitari sirkuit, melakukan latihan melewati halangan seperti Jumping / Lompatan di Whoops melaju melewati beberapa gundukan kecil, Ski Jump melompati turunan terjal drop-off, menikung di Bermed Corner, dan Booter melompat dan 'terbang' sebelum atau di Finish Line. Para pembalap melaju kencang melintasi, dan melompat track bukit atau obstacle yang merupakan fasilitas sirkuit.

Tampak di depan podium terlihat Starting Grid atau Race Start (holeshot race gate) sejumlah 22 bagi crosser yang berfungsi sebagai guidance untuk menentukan racing line (jalur balap).


Seto Ahmad dari KGMJ atau Komunitas Grasstrack Motocross Jepara, salah satu panitia, Sabtu 20/11/2021 yang ditemui di arena sirkuit, ketika ditanyakan tentang asuransi pembalap menjelaskan bahwa,” Untuk pembalap sendiri asuransi secara otomatis dicover oleh IMI, karena pembalap sudah memiliki  KIS Kartu Ijin Start yang merupakan salah satu syarat wajib dari IMI Ikatan Motor Indonesia bagi pembalap, yang ikut Kejurda ini,” ujarnya.


“IMI Provinsi Daerah Jawa Tengah, yang menentukan rundown atau jadwal kejuaraan, hari ini, Sabtu, 20/11/2021, akan dilangsungkan race untuk kelas Mini Moto 5-9 tahun, Mini Moto 9-12 tahun dan motor special engine (SE), 50 SE, 65 SE, dan 85 SE, namun untuk lebih jelasnya kelas perlombaan ada di pengurus IMI yang ada di area Paddock,” tambahnya.


Untuk informasi para peserta balap sendiri dijelaskan,“ Peserta datang dari wilayah kabupaten lain di Jawa Tengah, bahkan ada yang dari Jawa Timur dan Bali,” pungkas Seto.


Tampak di sekitar arena para petugas Marshall yang bertugas stand by di arena sirkuit balap Pakis Aji, yang rencananya besok hari Minggu, 21/11/2021, akan diresmikan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi yang akrab disapa Mas Andi.

(Sus)

Komentar Anda

Berita Terkini