Memasuki Hari ke 7 Pencarian Dampak Semeru, 47 Korban Tewas di Temukan

/ 11 Desember 2021 / 12/11/2021 12:54:00 PM

 






POLICEWATCH.NEWS, LUMAJANG - Aparat gabungan Basarnas dan team relawan dalam Operasi pencarian bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memasuki hari ketujuh, relawan sudah menemukan korban tewas akibat semburan awan panas dan lava panas ada 45 korban jiwa.  Jumat (10-12-2021). 

Kolonel Infanteri Irwan Subekti dari kesatuan 083/Baladika Jaya dan selaku Komando posko tanggap darurat bencana dampak awan panas dan guguran semeru mengatakan, telah ditemukan dua korban lagi yang meninggal dunia pada hari ketujuh operasi pencarian dan sampai hari ini total ada 47 orang korban jiwa.

"Sampai hari ini memasuki hari ketujuh pencarian serta penyelamatan, kami  menemukan lagi dua orang di Dusun Renteng, jadi total ada 45 orang korban semburan gunung Semeru,"ujar Irwan dalam konferensi pers secara daring yang diikuti dari Jakarta.

Lebih lanjut Kolonel Irwan mengatakan, jumlah orang hilang akibat erupsi Gunung Semeru dilaporkan ada sembilan orang.  Sedangkan korban luka tercatat 19 orang luka berat dan 19 orang  luka ringan. Penderita luka bakar saat ini dilaporkan memiliki penyakit pengikut lainnya.

Berdasar data Satuan Tugas Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru, dilaporkan terdapat 6.573 pengungsi. Kemudian, sejumlah 2.970 unit rumah rusak terdampak bencana tersebut.

Ia melanjutkan, sebanyak 33 unit fasilitas umum rusak, salah satu di antaranya yang paling terparah adalah putusnya Jembatan Perak atau Gladak Perak yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang.

"Titik pengungsian sebanyak 126 titik, dengan rincian 24 titik pengungsian terpusat dan 102 titik pengungsian yang menyebar atau mandiri", ujar Irwan.

Sedangkan wilayah Kecamatan paling terdampak ada dua, yakni Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo.

Dijelaskannya, ada 10 titik pengungsian di Kecamatan Candipuro, 10 titik di Kecamatan Pronojiwo dan empat titik di Kecamatan Pasirian. Pengungsian lain di 102 titik tersebar di seluruh Kabupaten Lumajang.


 


"Upaya pencarian dan evakuasi dengan mengerahkan tiga unit tim search and rescue (SAR), yang masing-masing beranggotakan antara 75 sampai 100 orang dengan lokasi pencarian di Dusun Curah Kobokan, kemudian Kampung Renteng," pungkasnya. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini